10/06/2022 11:19:06
Info Kesehatan

Mobilitas Tinggi dan Pelonggaran Prokes yang Jadi Pemicu Angka Covid Naik Lagi

Foto: Ilustrasi/Internet

Kembali naiknya angka kasus Covid-19 di lima provinsi yakni DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, dan DI Yogyakarta, ternyata dipicu oleh tingginya mobilitas dan pelonggaran protokol Kesehatan. Meski begitu, hingga saat ini gejala klinis yang timbul di masyarakat relatif ringan.

Demikian disampaikan Kabid Penanganan Kesehatan Satgas Penanganan COVID-19 Alexander K. Ginting seperti dikutip dari detikcom. "Karena tingginya mobilitas, longgarnya prokes akan membuat terjadinya peningkatan kasus penularan, seperti yang dilaporkan dua hari terakhir," katanya.

Laporan Satgas menunjukkan kenaikan kasus positif mingguan mencapai 31 persen dan kasus aktif harian sebesar 10 persen. "Penularan di masyarakat masih berlangsung, baik yang Delta atau Omicron, dengan sub-sub varian-nya. Hanya, karena pencapaian imunisasi yang tinggi, sehingga klinis tidak menonjol," ujarnya menambahkan.

Kendati demikian, ia tetap mewanti-wanti kekhawatiran jika penularan terus terjadi, ada kemungkinan munculnya banyak mutasi dengan karakteristik berbeda.

"Masalahnya semakin tinggi penularan maka terjadinya mutasi semakin banyak. Ada mutasi yang semakin lemah, tapi adapula mutasi membuat strain semakin virulent, semakin ganas daripada varian sebelumnya," ucapnya.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Mobilitas Tinggi dan Pelonggaran Prokes yang Jadi Pemicu Angka Covid Naik Lagi