19/07/2022 13:38:07
Info Kesehatan

Back to School, Tetap Lakukan Ini untuk Meminimalisasi Risiko Infeksi Covid-19

Foto: Ilustrasi/Internet

Tahun ajaran baru dimulai. Meski pandemi belum usai, namun pada tahun ajaran 2022 Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menerapkan metode pembelajaran tatap muka (PTM) dengan memperketat protokol kesehatan (prokes).

Ya, kebijakan PTM diambil mengingat sebaran vaksinasi Covid-19 sudah baik dan menjangkau tenaga pendidik. Akan tetapi, tingginya vaksinasi, membuat banyak orang sekarang ini yang kurang memperhatikan penggunaan masker dan kendor dalam prokes.

Padahal, beberapa waktu belakangan kasus Covid-19 kembali mengalami kenaikan. Melansir World Health Organization, lonjakan kasus Covid-19 beberapa bulan belakangan semakin meningkat.

Tidak tanggung-tanggung, hingga 18 persen kasus baru ditemukan di Timur Tengah, Amerika, dan Asia Tenggara. Di Indonesia sendiri, kenaikan kasus Covid-19 sejak 4 Juli 2022 melonjak hingga 29,13 persen. Meskipun lonjakan kasus yang terjadi ini tidak separah tahun-tahun kemunculannya, namun tindakan pencegahan tetap harus dilakukan mengingat adanya varian baru dari virus ini.

Melansir Healthline, mutasi virus merupakan hal yang wajar terjadi karena masing-masing virus memiliki RNA atau DNA yang berbeda. Namun, kecepatan mutasi dari masing-masing virus sendiri akan berbeda-beda tergantung dari jenis virus itu sendiri. SARS-CoV-2 sendiri merupakan virus dengan periode mutasi yang cukup lambat jika dibandingkan dengan virus lainnya. Baru-baru ini, varian baru yang muncul adalah B.1.1.7, B.1.351, dan P.1.

Namun sayangnya, para peneliti masih mempelajari varian baru tersebut untuk mengetahui gejala apa saja yang muncul dan efek apa saja yang akan ditimbulkan oleh varian tersebut. Mengingat semakin naiknya kasus Covid-19 dan munculnya beberapa varian baru, melakukan vaksinasi sangatlah disarankan dan bahkan diwajibkan untuk seluruh lapisan masyarakat.

Vaksinasi sendiri masih merupakan alat yang ampuh untuk melindungi tubuh dari virus ini. Meskipun begitu, Dr. Jason Lane yang dikutip oleh Healthline mengatakan bahwa efek vaksin akan semakin menurun dan akan muncul lagi varian-varian baru yang tidak mempan melawan efek vaksin yang sebelumnya.

Meskipun vaksin tidak sepenuhnya menghindarkan dari serangan Covid-19, namun efek virus akan membantu dalam meminimalisir efek yang akan dirasakan oleh penderita. Selain itu, ada beberapa cara lain yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari Covid-19:

-Tetap menggunakan masker.

-Melakukan tes jika merasakan gejala Covid-19.

-Mencuci tangan secara rutin dengan air mengalir atau menggunakan hand-sanitizer dengan kandungan alkohol 70 persen.

-Menghindari bertemu dengan orang lain ketika merasa sakit.

 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Back to School, Tetap Lakukan Ini untuk Meminimalisasi Risiko Infeksi Covid-19