22/07/2022 12:13:44
Info Kesehatan

Awas! Minum Air Es Setelah Berolahraga Bisa Berakibat Fatal, Lho

Foto: Ilustrasi/Dokcil

Ketika sedang berolahraga, sebaiknya tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Meski demikian, jangan buru-buru menenggak air es karena akibatnya bisa fatal, bahkan kematian.

Peristiwa mengenaskan ini juga dialami oleh seorang remaja berusia 19 tahun di Fuzhou, China. Melansir World of Buzz, remaja yang tidak disebutkan identitasnya tersebut menenggak sebotol air dingin  setelah bermain basket.

Dalam waktu kurang dari lima menit, remaja itu mulai merasa tidak enak badan. Melihat kondisinya itu, teman-temannya langsung memanggil ambulans untuk membawanya ke rumah sakit. Sayangnya, remaja laki-laki itu tidak dapat diselamatkan karena mengalami serangan jantung.

Serangan jantung terjadi saat satu atau lebih dari area otak tidak mendapatkan oksigen yang cukup. Hal ini biasanya terjadi saat aliran darah ke otot jantung tersumbat.

Menurut wakil direktur departemen somnologi Universitas Fujian, Yu Yunying, air dingin yang dikonsumsi tepat setelah melakukan olahraga ekstrem dapat mengejutkan organ dan tidak membantu proses pendinginan internal tubuh. Bukannya menyejukkan badan, air dingin itu akan membekukan aliran darah, menyebabkan penyumbatan yang mengarah ke serangan jantung.

Pada dasarnya manusia memiliki mekanisme tersendiri untuk mengatur suhu di dalam tubuh. Karenanya, pengaruh temperatur air minum terhadap fungsi tubuh umumnya sangat kecil karena akan segera disesuaikan ketika sudah masuk ke dalam tubuh.

Beberapa pakar bahkan meyakini, minum air dengan suhu rendah justru membantu menurunkan suhu inti tubuh yang pada akhirnya dapat memperbaiki performa saat olahraga.

Bagaimanapun, seperti dikutip dari Medicinenet, tidak ada keharusan untuk minum dingin setelah olahraga. Bukan suhunya yang penting, tetapi konsistensi yang lebih berperan dalam menghindari risiko dehidrasi yang berbahaya.

Berikut efek samping yang dapat terjadi jika minum air es setelah berolahraga sebagaimana dikutip dari halodoc:

Sering buang air kecil

Kandung kemih terletak tepat di depan usus halus. Saat kamu terlalu banyak mengonsumsi air es, suhu usus halus akan menjadi lebih dingin. Akibatnya, kandung kemih akan lebih sulit dalam menahan rasa ingin buang air kecil. Namun, bukan di situ letak bahayanya.

Terlalu sering buar air kecil membuat tubuh akan kehilangan potasium dan sodium dalam jumlah yang cukup banyak. Agar tidak terjadi, tambahkan sedikit garam pada air mineral yang kamu minum untuk menjaga keseimbangan elektrolit yang terbuang saat kamu berolahraga.

Tidak mudah diserap tubuh

Tubuh akan lebih sulit menyerap air es selepas berolahraga. Akibatnya, air akan lebih cepat melewati lambung dan menuju usus halus agar penyerapannya lebih maksimal. Padahal, tubuh membutuhkan banyak cairan untuk mengurangi risiko dehidrasi. Sulitnya tubuh menyerap air es justru membuat kamu semakin haus dan risiko terjadinya dehidrasi pun semakin meningkat.

Kepala pusing

Dampak minum es setelah olahraga yang paling terasa adalah kepala yang tiba-tiba menjadi pusing. Ini disebabkan karena saraf pusat tubuh yang tidak siap untuk menerima perubahan suhu yang mendadak. Jika kamu tetap ingin mengonsumsi air es setelah berolahraga, sebaiknya berikan jeda selama beberapa menit hingga suhu tubuh kamu kembali normal.

Kepala pusing ini juga bisa terjadi akibat menyempitnya pembuluh darah karena gangguan metabolism ketika kamu minum air es setelah berolahraga. Pada akhirnya, aliran darah ke seluruh tubuh tidak akan maksimal, termasuk ke otak, sehingga memicu terjadinya sakit kepala.

Perut semakin buncit

Perut buncit bukan karena seseorang banyak makan. Kondisi ini ternyata juga bisa terjadi akibat mengonsumsi air es secara berlebihan. Saat selesai olahraga, air es yang kamu minum akan mengalami proses penghangatan oleh bantalan lemak yang terdapat di perut. Bantalan lemak ini diperoleh dari makanan yang kamu konsumsi. Semakin sering kamu minum air es, maka tubuh akan memerlukan bantalan lemak lebih banyak untuk menetralkan suhu tubuh.

Melemahnya detak jantung

Studi menunjukkan bahwa terlalu banyak minum air es akan memengaruhi kinerja saraf vagus dalam mengontrol berbagai aktivitas yang terjadi tanpa disadari, seperti denyut jantung. Semakin banyak konsumsi air es, maka pengaruhnya terhadap melemahnya detak jantung akan semakin terasa.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Awas! Minum Air Es Setelah Berolahraga Bisa Berakibat Fatal, Lho