25/07/2022 11:00:38
Info Kesehatan

Begini Cara Meningkatkan Pola Asuh Berkualitas Ditengah Pandemi yang Belum Usai

Foto: Ilustrasi/Internet

Setiap orang tua memiliki peran penting dalam tumbuh kembang buah hati mereka. Akan tetapi, ditengah pandemi Covid-19 yang belum usai, tentunya tidak mudah memberikan pola asuh terbaik untuk anak-anak mereka.

Tentu saja dibutuhkan kerja sama yang baik antara suami dan istri agar pola asuh anak tetap berkualitas. Lalu, bagaimana caranya?

Berikut tips meningkatkan pola asuh yang dibagikan dr. Citra Amelinda, Sp.A, M.Kesm IBCLC sebagaimana dilansir dari popmama:

1. Terlibat dalam segala kegiatan anak

Dokter Citra menjelaskan bahwa orang tua perlu terlibat dalam segala kegiatan yang anak lakukan. Perlu digarisbawahi bahwa periode emas anak itu dimulai pada 1.000 hari pertama mereka yang terhitung sejak anak masih dalam kandungan, hingga memasuki usia 2 tahun.

’’Disebut periode emas karena pada masa ini, tumbuh kembang anak berlangsung sangat pesat. Sehingga akan menjadi fondasi dasar kelak saat anak beranjak dewasa,’’ ujarnya.

Itulah mengapa di periode ini, orang tua sangat diharuskan untuk terlibat dalam segala kegiatan yang anak lakukan. Tujuannya adalah untuk mengarahkan anak kepada sesuatu yang positif yang nantinya bisa anak ingat saat besar nanti.

2. Terapkan pola asuh responsif

Menurut dr. Citra, orang tua sebaiknya tidak memaksakan kehendak atau bersikap otoriter, atau juga terlalu cuek pada anak. Cobalah memberikan respons langsung, serta perhatian yang menjadi aspek penting dalam tumbuh kembang anak.

’’Saat anak mengajak berbicara atau bertanya misalnya, jawablah dengan bahasa yang mudah dipahami dan berikan kesempatan agar anak merespon kembali. Jika anak masih bayi, perhatikan tatapan mata dan ocehan yang juga merupakan bentuk komunikasi anak kepada orang tuanya,’’ ujar dr. Citra menjelaskan.

3. Dampingi anak ketika mereka mengadapi masalah

Di usia anak, mereka tentu membutuhkan arahan yang tepat dari orang tuanya. Terlebih ketika mereka tengah menghadapi suatu masalah, orang tua harus turut serta mendampingi anak untuk bisa membantu mencari jalan keluar terbaik.

Tak hanya orang dewasa, anak-anak juga bisa menghadapi rasa stres saat masalah menimpanya. Untuk itu, cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan brainstorming untuk berbagai ide yang bisa membantu memecahkan masalahnya.

Dengan pengalaman berharga yang didapat dari orang tuanya, inilah yang kemudian membuat anak membangun kepercayaan diri, serta meningkatkan kemampuan problem solving sesuai usia sejak dini.

4. Ajarkan disiplin dejak dini

Orang tua tentu ingin anaknya tumbuh menjadi pribadi yang disiplin saat dewasa nanti. Untuk mendapatkan anak yang seperti itu, kita bisa mendidik anak untuk melatih kedisiplinan sejak usia dini.

Seperti yang dijelaskan dr. Citra, adanya rutinitas yang teratur dapat membantu anak membentuk kebiasaan baik. Misalnya seperti jam tidur yang teratur, jam makan, serta waktu bermain yang juga disesuaikan dengan kebutuhan mereka.

Dengan menerapkannya secara konsisten, anak pun bisa merasakan perasaan yang aman dan nyaman. Kebiasaan seperti inilah yang nantinya akan membuat anak terbiasa hidup disiplin saat dewasa nanti.

5. Pastikan asupan anak seimbang dan terpenuhi

Tips yang tak kalah penting adalah memastikan asupan anak seimbang dan terpenuhi. Adupan nutrisi ini perlu dimulai sejak di dalam kandungan, hingga mereka dilahirkan.

Mulai dari memberikan ASI, hingga melanjutkannya menjadi MPASI dengan makanan yang bergizi untuk menunjang tumbuh kembangnya. Selain itu, dijelaskan juga oleh dr. Citra bahwa orang tua perlu memastikan variasi makanan bergizi lengkap yang terdiri dari protein, karbohidrat, serat dan lemak dalam jumlah dan proporsi yang disesuaikan dengan usia anaknya. (*)

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Begini Cara Meningkatkan Pola Asuh Berkualitas Ditengah Pandemi yang Belum Usai