26/09/2022 11:22:44
Info Kesehatan

Berapa Sih Kadar Maksimum Konsumsi Gula Per Hari?

Foto: Ilustasi/Dokcil

Belakangan, dunia media sosial dihebohkan oleh protes seorang pelanggan terkait kadar gula dalam minuman kekinian dan menganggap produk tersebut terlalu manis. Protes tersebut berbuah somasi hukum dari pelaku usaha minuman kekinian tersebut, dan si pelanggan pun sudah meminta maaf di akun medsosnya. Berapa sebenarnya kadar maksimum konsumsi gula per harinya?

Para pakar kesehatan sudah sering mengingatkan agar menghindari konsumsi gula berlebih. Seperti yang disampaikan Prof Zubairi Djoerban dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

"Tapi, bukan cuma rasa manisnya yang jadi concern, namun cermati juga kadar gula tambahan di dalam makanan atau minuman itu," terang Prof Zubairi dalam unggahannya di Twitter seperti dikutip dari detikcom.

"Cek komposisi gula tambahan, yang biasanya memakai nama lain gula. Seperti corn syrup, dekstrosa, fruktosa, glukosa, laktosa, dan banyak lagi," ujarnya lagi.

Berkaca dari kebijakan FDA (Food and Drug Administration) di Amerika Serikat, kandungan gula dalam minuman dan makanan sebebarnya dapat dikenali lewat label gula yang ada di kemasan. Label ini idealnya terpasang sehingga konsumen mudah mengeceknya.

Salah satu faktor yang mendorong seseorang mengonsumsi gula berlebih menurut Prof Zubairi adalah stres dan kurang tidur. Kondisi tersebut memicu pelepasan hormon kortisol yang mendorong seseorang untuk mengonsumsi sesuatu yang manis.

Di sisi lain, gula melepas dopamin di dalam tubuh yang memicu rasa senang. Perasaan senang ini mendorong seseorang untuk mengulangi lagi, sehingga frekuensinya meningkat dan mengalami kecanduan.

Beberapa produk minuman mencantumkan label low sugar, less sugar, maupun free sugar. Sebenarnya apa sih bedanya?

Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Nomor 1 tahun 2022 tentang Pengawasan Klaim pada Label dan Iklan Pangan Olahan mengatur pelabelan tersebut.

Sebuah produk boleh mencantumkan rendah gula jika memiliki kadar 5 gram per 100 gram dalam bentuk padat, atau 2,5 gram per 100 ml dalam bentuk cair. Sementara itu, bebas gula ditetapkan sebagai kadar 0,5 gram per 100 gram dalam bentuk padat dan 0,5 gram per 100 ml dalam bentuk cair.

Istilah lain yang dapat digunakan untuk produk yang tidak menggunakan gula tambahan adalah unsweetened.

Lalu, berapa kadar gula maksimum yang diperlukan tubuh per hari?

Melansir hellosehat, gula merupakan salah satu sumber energi yang dibutuhkan manusia. Namun, jika berlebihan, gula dapat menyebabkan Anda rentan mengalami gangguan kesehatan.

Pasalnya, kelebihan asupan gula per hari tidak hanya memicu penambahan bobot tubuh secara cepat, tapi juga bisa menyebabkan Anda mengalami obesitas yang merupakan penyebab utama dari diabetes dan penyakit jantung.

Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk mengontrol asupan gula per hari. Batas konsumsi gula yang disarankan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia per orang dalam per hari yaitu 50 gram gula atau setara dengan 5 – 9 sendok teh.

Bagi Anda yang rutin beraktivitas dan berolahraga, jumlah tersebut mungkin tidak perlu dikhawatirkan karena sistem tubuh Anda mampu membakar banyak kalori.

Meski demikian, Anda yang mengidap diabetes sebaiknya benar-benar mengontrol asupan gula dan karbohidrat supaya kadar gula darah Anda terkendali.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Berapa Sih Kadar Maksimum Konsumsi Gula Per Hari?