13/10/2022 11:05:50
Info Kesehatan

Mengenal Penyebab Sel Kanker Payudara Bermetastatis

Foto: Ilustrasi/CureToday

Dalam memperingati hari kesadaran kanker payudara metastatik yang jatuh pada 13 Oktober setiap tahunnya, ada baiknya kita mulai mengenali gejalanya. Sebab, kanker payudara yang sudah bermetastasi merupakan hal mimpi buruk setiap pengidapnya. 

Metastatis kanker payudara berarti sel kanker makin ganas dan menyebar hingga ke area tubuh lain seperti tulang, otak, hati, atau paru-paru. Bahkan, ini juga disebut sebagai stadium paling akhir.

Ketika sel kanker payudara sudah bermetastatis, maka pelung kesembuhan pun semakin kecil. Lalu, apa yang jadi penyebabnya?

Melansir laman Halodoc, penyebab dari terjadinya metastasis kanker payudara adalah menyebarnya sel kanker ke kelenjar getah bening atau pembuluh darah di dekatnya. Sel-sel kanker kemudian melakukan perjalanan ke seluruh tubuh melalui pembuluh getah bening atau pembuluh darah.

Pembuluh ini membawa cairan dan darah ke seluruh tubuh. Sel kanker pun akhirnya dapat membentuk tumor kecil di lokasi barunya.

Pada kebanyakan kasus, metastasis terjadi karena pengobatan tidak menghancurkan semua sel kanker. Terkadang, beberapa sel tetap tidak aktif, atau tersembunyi dan tidak terdeteksi. Kemudian, untuk alasan yang tidak sepenuhnya dipahami, sel-sel mulai tumbuh dan menyebar lagi.

Ada istilah bernama metastasis kanker payudara de novo, yang artinya pada saat diagnosis awal, kanker payudara telah menyebar ke bagian lain dari tubuh. Dengan tidak adanya pengobatan, kanker dapat menyebar.

Tidak ada yang dapat dilakukan untuk mencegah kanker payudara menyebar. Perlu dipahami juga bahwa metastasis tidak terjadi karena sesuatu yang kamu lakukan. Ini adalah hal yang memang sulit dikendalikan.

Gejala

Gejala metastasis kanker payudara tergantung pada di mana sel kanker telah menyerang. Pada metastasis tulang, gejalanya dapat berupa sakit tulang, pembengkakan, tulang yang rapuh atau lebih mudah patah.

Sementara, gejala metastasis kanker pada otak adalah sebagai berikut:

-Memburuknya sakit kepala atau tekanan di kepala

-Gangguan penglihatan

-Kejang

-Mual dan muntah

-Perubahan perilaku atau kepribadian

Lalu gejala metastasis pada hati adalah penyakit kuning, kulit gatal atau ruam, sakit perut, kehilangan nafsu makan, mual dan muntah. Kalau sel kanker menyebar ke paru-paru, gejalanya dapat berupa batuk yang tidak kunjung hilang, kesulitan mengatur napas, dan nyeri dada.

Selain berbagai gejala tersebut, gejala lain dari metastasis kanker payudara secara umum adalah kelelahan, penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas, dan nafsu makan yang buruk.

Bisakah Metastasis Kanker Payudara Disembuhkan?

Sayangnya tidak ada obat untuk menyembuhkan metastasis kanker payudara. Begitu sel-sel kanker telah menyebar ke area tubuh lain yang jauh, tidak mungkin untuk menyingkirkan semuanya. Namun, rencana perawatan yang tepat dapat membantu memperpanjang hidup dan meningkatkan kualitasnya.

Pengobatan yang dilakukan biasanya bertujuan untuk mengecilkan tumor, memperlambat pertumbuhannya dan meredakan gejala yang dialami. Umumnya, pengobatan utama untuk kanker payudara metastasis adalah terapi sistemik pada seluruh tubuh yang mencakup kombinasi dari kemoterapi, terapi hormonal, imunoterapi. (*)

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Mengenal Penyebab Sel Kanker Payudara Bermetastatis