02/12/2022 12:24:43
Info Kesehatan

5 Kebiasaan Ini yang Bikin Daya Tahan Menurun

Foto: Mengonsumsi makanan sehat membantu menjaga daya tahan tubuh (Ilustrasi/DepositPhotos)

Ketika daya tahan tubuh menurun, biasanya kita akan mudah terserang penyakit. Lalu, apa sebenarnya yang menyebabkan daya tahan tubuh menurun?

Ada sejumlah hal yang menjadi penyebab daya tahan tubuh menurun. Padahal menjaga daya tahan tubuh tetap prima merupakan hal yang perlu dilakukan apalagi di musim pancaroba seperti saat ini.

Belum lagi virus Covid-19 varian Omicron XBB juga masih menghantui kesehatan. Hal ini membuat setiap orang harus memperkuat sistem imun dengan melakukan sejumlah hal.

Tak hanya itu, seseorang juga mesti mengetahui penyebab daya tahan tubuh menurun sehingga sistem imun tetap terjaga. Dikutip dari detikcom, berikut 5 kebiasaan penyebab daya tahan tubuh menurun.

1. Kurang Beristirahat

Kurang tidur merupakan hal yang kerap diabaikan oleh banyak orang. Padahal jika kebiasaan tersebut tidak segera diubah maka bisa menjadi penyebab daya tahan tubuh menurun.

Dampak dari kebiasaan jelek tersebut pun beragam seperti mudah terserang penyakit, kurang fokus, sehingga mampu mengganggu produktivitas. Oleh karena itu memberikan tubuh waktu istirahat ideal merupakan hal wajib yang perlu dilakukan.

Waktu tidur ideal setiap orang pun berbeda-beda tergantung usia. Khusus untuk orang dewasa dan lanjut usia idealnya 7-9 jam per hari. Di mana waktu tidur ideal dimulai dari jam 10 malam.

2. Jarang Konsumsi Makanan Sehat

Mengonsumsi makanan sehat merupakan hal yang penting untuk dilakukan agar daya tahan tubuh dapat terjaga. Apalagi di tengah beragam ancaman virus penyakit maka membiasakan diri mengonsumsi makanan sehat merupakan hal yang perlu dilakukan.

Ada beragam makanan yang sehat yang mampu menangkal penyebab daya tahan tubuh menurun antara lain buah-buahan hingga sayuran segar. Buah dan sayuran segar merupakan makanan sehat yang wajib dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan serat dalam tubuh.

Pasalnya keduanya memiliki kaya dengan berbagai vitamin dan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Sehingga bisa mampu menjaga imun tetap dalam kondisi prima.

3. Malas untuk Berolahraga

Udara dingin yang kerap dibawa saat hujan turun membuat banyak orang lebih memilih untuk malas gerak. Padahal kebiasaan tersebut mampu berdampak buruk terhadap kesehatan.

Agar tubuh tetap dalam kondisi sehat dan prima maka bisa dimulai dengan menjadikan olahraga sebagai aktivitas wajib yang tidak boleh dilewatkan. Ada beragam jenis olahraga yang bisa dilakukan seperti berlari, sepeda, berenang, dan lainnya.

Dikutip dari U.S Department of Health and Human Services olahraga idealnya dilakukan selama 150 menit perminggu atau 30 menit setiap harinya. Meskipun begitu perlu diimbangi juga dengan waktu istirahat dan konsumsi makanan sehat.

4. Merokok

Merokok merupakan salah satu kebiasaan yang bisa menjadi penyebab daya tahan tubuh menurun. Pasalnya zat kimia yang banyak terkandung dalam sebatang rokok mampu memberikan dampak negatif terhadap kesehatan.

Tak hanya itu, kebiasaan merokok juga bisa memicu sejumlah penyakit serius seperti kanker, diabetes, penyakit paru kronis, dan lainnya. Oleh karena itu agar tubuh tetap sehat sebisa mungkin jauhi kebiasaan tersebut.

5. Tidak Memperhatikan Kebutuhan Vitamin Tubuh

Memperhatikan kebutuhan vitamin dalam tubuh merupakan hal yang wajib dilakukan. Sebab agar tubuh tetap sehat setiap orang khususnya mereka yang sudah memasuki usia lanjut harus memperhatikan kebutuhan vitamin dan mineral ideal.

Salah satunya memastikan kebutuhan vitamin D terpenuhi. Sebab vitamin D tidak hanya baik untuk tulang namun berperan penting dalam menjaga kekebalan tubuh. Serta meminimalisir penyebab daya tahan tubuh menurun.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: 5 Kebiasaan Ini yang Bikin Daya Tahan Menurun