14/12/2022 12:11:27
Info Kesehatan

Terlambat PCR, Kasus Kematian Covid-19 di Jakarta Meningkat

Foto: Ilustrasi/Internet

DKI Jakarta kembali mencatat peningkatan kasus meninggal dunia akibat Covid-19 sejak teridentifikasi dua subvarian baru Omicron; XBB dan BQ.1. Mirisnya, pasien tidak tertolong karena banyak yang terlambat melakukan tes PCR.

Hal ini dijelaskan oleh Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, dr Ngabila Salama, MKM.

''Artinya pasien datang ke RS sudah dalam kondisi berat tidak mengetahui bahwa terpapar Covid-19 dan pas di-PCR untuk prosedur RS baru ketahuan positif,'' katanya seperti dikutip dari Detik Health.

''Jarak tanggal swab PCR dengan kematian positif COVID-19 rata-rata 4-6 hari. Apa rata-rata pasien COVID-19 yang dibawa ke RS sudah kondisi berat dan terlambat diagnosis? Banyak yang demikian,’’ ujarnya menambahkan.

Padahal, DKI Jakarta sempat mencatatkan nihil kasus kematian Covid-19. Sekarang, dari kumulatif kematian dari 4 Juli hingga 11 Desember 2022 tercatat sebanyak 534 jiwa.

Total diantaranya didominasi dengan kelompok lansia yakni 344 orang, sementara 190 lainnya non lansia. Kenaikan Covid-19 mingguan paling terlihat di 21-27 November yakni 30 kasus kematian, terbanyak sejak Juli.

Meski belakangan ada penurunan kematian pada non lansia dalam dua pekan terakhir, angka meninggal akibat Covid-19 di kelompok lansia masih terbilang tinggi. Karenanya, dr Ngabila mendorong percepatan vaksinasi Covid-19 booster kedua pada kelompok lansia.

Di sisi lain, temuan pasien meninggal usai telat terdiagnosis seharusnya bisa diatasi. dr Ngabila mengingatkan mereka yang bergejala Covid-19 seperti batuk, pilek, demam, sakit tenggorokan dan keluhan lainnya termasuk suspek. Artinya, bisa melakukan tes Covid-19 gratis di puskesmas.

''Gratis di seluruh puskesmas DKI Jakarta. Silakan datang, apalagi jika yang bergejala adalah lansia atau orang yang memiliki komorbid dan belum vaksinasi booster, harus dideteksi segera kemungkinan Covid-19 untuk tatalaksana lebih awal,'' tuturnya menegaskan. 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Terlambat PCR, Kasus Kematian Covid-19 di Jakarta Meningkat