03/01/2023 15:14:36
Mengenal Fungsi dan Manfaat Vitamin D (1)

Jangan Abaikan Akibat dari Kekurangan Vitamin D, Apa Saja?

Foto: Ilustasi/Dokcil

Vitamin D dikenal dengan ragam manfaat yang diberikan, diantaranya untuk kesehatan tulang, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Lalu, apa saja yang bisa terjadi jika kita kekurangan vitamin D?

Kebutuhan setiap orang akan vitamin D bisa berbeda-beda, bergantung dengan usia dan kondisi kesehatan. Melansir laman Harvard School of Public Health, vitamin D merupakan vitamin yang bisa larut dalam lemak dan dapat disimpan di dalam tubuh dalam waktu lama.

Dokter spesialis orthopaedi dan traumatologi subspesialis kaki dan pergelangan kaki (foot and ankle) Rumah Sakit Borromeus, Dr dr R. Andri Primadhi, SpOT(K) K.P, menjelaskan bahwa kebutuhan vitamin D setiap orang bisa berbeda-beda.

"Vitamin D (dalam bentuk aktif vitamin D3) bermanfaat untuk kesehatan tulang. Kurang lebih dosis yg diperlukan sebanyak 600-800 iu. Namun, sebagian pasien bisa saja memerlukan dosis lebih tinggi, pada keadaan tertentu misalnya kurang paparan sinar matahari," ungkap dr Andri Primadhi seperti dikutip dari detikcom.

Untuk mendapatkan asupan vitamin D, kita bisa mendapatkannya dari sinar matahari dengan melakukan berbagai aktivitas di luar. Selain itu, kita juga bisa mendapatkannya dari berbagai makanan seperti ikan salmon, ikan tuna, telur, susu, dan yoghurt.

Vitamin D memiliki fungsi yang penting dalam penyerapan kalsium dalam tubuh. Oleh karena itu, vitamin D berperan penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Vitamin D juga berfungsi sebagai salah satu kandungan yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin D bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh dengan sifat antiradang dan antioksidan yang meningkatkan kerja sistem imun.

Selain itu, vitamin D juga ternyata berfungsi dengan baik untuk menjaga kesehatan mental. Dengan demikian, pemenuhan kebutuhan vitamin D menjadi sangat penting karena fungsinya yang begitu banyak.

Akibat kekurangan vitamin D akan menimbulkan berbagai permasalahan kesehatan. Berikut ini adalah beberapa permasalahan yang mungkin muncul ketika kita kekurangan vitamin D.

1. Osteoporosis

dr Andri Primadhi menjelaskan bahwa ada risiko osteoporosis bagi mereka yang kekurangan vitamin D. "Tulang bisa keropos (osteoporosis) karena kalsium menjadi kurang diserap ke tulang," ujar dr Andri Primadhi.

Vitamin D berfungsi sebagai penyerap kalsium. Jika tubuh kekurangan vitamin D, maka kalsium tidak dapat diserap dengan baik oleh tubuh yang menyebabkan pengeroposan tulang.

2. Tulang Menjadi Rapuh

Dilansir dari laman Medical News Today, akibat kekurangan vitamin D juga berdampak terhadap rapuhnya tulang. Hal ini karena kalsium dan fosfor yang merupakan mineral yang penting untuk tulang tidak dapat diserap dengan baik.

Kekurangan vitamin D menyebabkan penurunan kepadatan tulang. Kekuatan tulang juga akan menurun sehingga lebih mudah untuk patah atau rapuh.

3. Kerusakan Gigi

Akibat kekurangan vitamin D dapat membuat kerusakan pada gigi. Vitamin D memiliki peran penting dalam proses penyerapan kalsium dalam gigi sehingga kita harus memenuhi kebutuhannya.

4. Rakitis

Rakitis merupakan kondisi kelainan pertumbuhan tulang yang disebabkan oleh kekurangan asupan vitamin D. Hal ini bisa menyebabkan tulang menjadi lunak yang menyebabkan kelainan.

Rakitis akan menyebabkan kelainan pada tulang seperti kaki bengkok atau skoliosis. Selain itu, penderitanya juga akan merasakan nyeri yang begitu hebat akibat permasalahan tulang ini.

5. Radang Sendi

Selain berpengaruh terhadap kesehatan tulang, vitamin D juga berperan sangat penting untuk kesehatan sendi-sendi dalam tubuh. Seseorang yang kekurangan vitamin D memiliki risiko yang besar untuk mengalami radang sendi.

Kondisi ini membuat penderitanya merasakan sakit pada bagian sendi tertentu. Hal ini tentu membuat penderitanya kesulitan untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

6. Lebih Mudah Terkena Depresi

Seseorang yang kurang asupan vitamin D, baik dari makanan maupun sinar matahari yang kurang cenderung lebih sering mengalami depresi. Vitamin D berperan dalam mengatur hormon yang mempengaruhi bagian otak yang bekerja sebagai suasana hati.

7. Lebih Besar Risiko Terkena Kanker

Banyak ahli yang mengatakan bahwa vitamin D memiliki kemampuan anti-kanker yang bisa membantu tubuh untuk mencegah pertumbuhan serta penyebaran sel kanker dalam tubuh. Orang dengan jumlah vitamin D yang kurang memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena kanker.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Mengenal Fungsi dan Manfaat Vitamin D (1): Jangan Abaikan Akibat dari Kekurangan Vitamin D, Apa Saja?