03/01/2023 15:49:39
Mengenal Fungsi dan Manfaat Vitamin D (2)

Begini Gejala Kekurangan Vitamin D dan Cara Mengatasinya

Foto: Ilustasi/Dokcil

Seperti diketahui, vitamin D membawa banyak manfaat untuk tubuh. Pada artikel sebelumnya dijelaskan akibat dari kekurangan vitamin D. Nah, bagaimana memastikan kecukupannya?

Berikut ini adalah beberapa gejala jika tubuh kekurangan vitamin D sebagaimana dilansir dari detikcom:

1. Penghambatan Pertumbuhan

Vitamin D berperan penting dalam pertumbuhan tulang. Seorang anak yang mengalami pertumbuhan yang lambat boleh jadi disebabkan oleh kekurangan asupan vitamin D.

2. Terlambat Tumbuh Gigi

Jika anak mengalami keterlambatan dalam penumbuhan gigi, maka hal tersebut dapat disebabkan oleh kekurangan vitamin D. Hal ini karena vitamin D berperan penting dalam penyerapan kalsium yang mempengaruhi pertumbuhan gigi.

3. Sering Mengalami Nyeri Otot

Dilansir dari laman Medical News Today seseorang yang kekurangan vitamin D juga sering mengalami nyeri otot. Otot menjadi lebih sensitif sehingga sering terasa nyeri.

4. Nyeri Sendi

Kekurangan vitamin D juga bisa ditandai dengan rasa nyeri yang sering dirasakan pada sendi. Hal ini bisa terjadi karena vitamin D berperan penting bagi kesehatan sendi.

5. Rambut Rontok

Kerontokan pada rambut juga salah satunya disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin D. Dilansir dari Healthline, vitamin D memiliki peran yang penting dalam merangsang folikel rambut sehingga jika kekurangan akan lebih mudah terjadi kerusakan pada rambut.

6. Mudah Terinfeksi

Infeksi merupakan kondisi ketika tubuh diserang oleh mikroorganisme seperti virus, bakteri, dan jamur. Kekurangan vitamin D juga berdampak pada mudahnya seseorang terkena infeksi.

7. Sering Merasa Gelisah

Kegelisahan atau anxiety juga bisa terjadi kepada seseorang yang kekurangan vitamin D. Dalam hal ini, vitamin D berperan untuk mempengaruhi bagian otak yang mengatur suasana hati.

 

Upaya memenuhi kebutuhan vitamin D

Jika kamu kekurangan vitamin D, maka harus melakukan berbagai cara untuk memenuhi kebutuhannya. Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan:

 1. Berjemur di Bawah Sinar Matahari

Melakukan aktivitas berjemur di bawah sinar matahari memiliki manfaat karena mengandung banyak vitamin D. Dikutip dari website Kementerian Kesehatan, waktu terbaik untuk berjemur adalah jam 9-10 pagi, maksimal 15 menit.

2. Konsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin D

Konsumsilah makanan-makanan yang banyak mengandung vitamin D untuk memenuhi kebutuhan hariannya. Ikan salmon, telur, susu, dan yoghurt adalah beberapa makanan yang bisa kamu coba dalam rangka memenuhi kebutuhan vitamin D.

3. Konsumsi Suplemen

Jika masih dirasa kurang dari makanan sehari-hari, konsumsi suplemen tambahan juga bisa membantu untuk memenuhi kebutuhan asupan vitamin D. Suplemen ini bisa kamu dapatkan di apotek atau tempat-tempat lainnya.

4. Kunjungi Dokter

Jika kamu kekurangan vitamin D dan mengalami beberapa gejala yang berat, maka sebaiknya segera kunjungi dokter. Tenaga medis akan memberikan penanganan yang tepat untukmu.

 

*Dari berbagai sumber

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Mengenal Fungsi dan Manfaat Vitamin D (2): Begini Gejala Kekurangan Vitamin D dan Cara Mengatasinya