05/01/2023 14:56:54
Info Kesehatan

Ice Smoke Digandrungi, Benarkah Bisa Sebabkan Keracunan?

Foto: Ilustrasi/YouTube

Jajanan ice smoke atau es ciki ngebul kembali populer dan cukup digandrungi anak-anak. Sensasi di mulut yang mengeluarkan asap itulah yang membuatnya menjadi tren. Benarkah jajanan ini bisa sebabkan keracunan?

Kementerian Kesehatan RI baru-baru ini meminta seluruh masyarakat mewaspadai laporan keracunan akibat konsumsi jajanan nitrogen. Seiring dengan laporan korban keracunan ciki berasap nitrogen di Jawa Barat.

Pemerintah juga disebut bakal terus memantau laporan kemungkinan jika korban keracunan terus bertambah. ''Sehubungan dengan adanya laporan Kejadian Luar Biasa (KLB) keracunan pangan akibat konsumsi jajanan ’ciki ngebul)’ di wilayah Provinsi Jawa Barat, maka Kementerian Kesehatan perlu melakukan fungsi pemantauan

Kemenkes RI juga mengimbau agar seluruh dinas kesehatan baik di provinsi maupun kabupaten/kota segera melakukan respons cepat jika ditemui kasus serupa. Dalam edaran yang diteken Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan drg Yuli Astuti Saripawan, ada nomor yang bisa dihubungi khusus pelaporan kasus tersebut.

Dinas kesehatan dan fasilitas kesehatan agar langsung melapor ke kontak Tim Kerja Pelayanan Kesehatan Rujukan di [email protected] atau nomor 0882-1599-2763.

''Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan Rumah Sakit agar melaporkan jika ditemukan kasus keracunan pangan akibat konsumsi jajanan chiki ngebul,'' pesan drg Yuli seperti dilansir dari Detik Health.

Lantas, jenis jajanan seperti apa ice smoke ini?

Melansir Halodoc, ice smoke dibuat dengan menggunakan campuran nitrogen cair. Saat dikonsumsi, es ciki ngebul ini tak hanya memberikan rasa dingin, tetapi juga sensasi mulut yang mengeluarkan asap.

Namun, belum lama, jajanan unik ini memakan korban. Seorang anak berusia 5 tahun mengalami luka bakar sebanyak 30 persen pada tubuhnya setelah membeli camilan kekinian ini. Lalu, apakah nitrogen cair yang digunakan untuk membuat es ciki ngebul ini termasuk bahan yang berbahaya?

Nitrogen Cair Tidak Mengeluarkan Api

Faktanya, para ahli mengatakan bahwa nitrogen cair seharusnya menjadi zat yang tidak mengeluarkan api. Saat berada pada suhu kamar, nitrogen yang punya rumus kimia N2 akan berbentuk gas. Ketika tekanannya dinaikkan, maka bentuknya akan berubah menjadi cair. Nitrogen sendiri memiliki titik beku yang berada jauh di bawah titik beku air. Jadi, bisa dibayangkan bagaimana dinginnya gas ini.  

Perlu diketahui, saat zat ini berada pada suhu yang begitu dingin, kontak langsung dengan organ manusia sangat dilarang. Pasalnya, zat satu ini bisa menyebabkan terjadinya cold burn atau terbakar karena paparan suhu yang sangat dingin. Hati-hati suhu dingin yang ekstrem tersebut tidak mampu ditoleransi oleh kulit manusia, meski tidak menjadi gas yang mudah terbakar. Bisa jadi, kondisi yang dialami oleh anak tersebut adalah cold burn.

Tidak Direkomendasikan untuk Dikonsumsi

Sebenarnya, es ciki ngebul atau ice smoke ini bukan menjadi hal baru. Tercatat, badan Pengawas Obat dan Makanan dari Amerika Serikat atau FDA telah mengimbau untuk tidak mengonsumsi produk makanan ini pada 2018 lalu.

Bukan tanpa alasan, mengonsumsi nitrogen yang sudah dicairkan dikatakan dapat menyebabkan tenggorokan terasa seperti terbakar, karena suhu yang teramat dingin yang langsung bersentuhan dengan organ tubuh. Bahkan, tak sedikit kasus terparah yang menunjukkan bahwa ice smoke dapat memicu kerusakan internal organ tubuh.

Selain itu, FDA juga mengatakan bahwa penggunaan ice smoke atau asap yang berasal dari nitrogen cair yang kurang tepat bisa sangat membahayakan nyawa. Pengidap asma bahkan dianjurkan untuk tidak berdekatan, atau bahkan mengonsumsi makanan es krim yang dibuat dengan tambahan nitrogen cair ini. Sebab, menghirup uap gas dari nitrogen bisa membuat asma yang diidap semakin memburuk.

Memang benar bahwa nitrogen cair adalah senyawa kimia yang tidak mengandung racun atau tidak berbahaya dan tidak mudah terbakar. Akan tetapi, zat ini dapat memicu terjadinya kerusakan pada kulit, bahkan hingga kerusakan organ dalam yang buruk apabila tidak mendapatkan penanganan yang tepat.

Jadi, sebaiknya mulai sekarang hindari mengonsumsi jajanan ice smoke, ya! Lebih baik kamu ganti dengan camilan yang menyehatkan. (*)

*Dari berbagai sumber

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Ice Smoke Digandrungi, Benarkah Bisa Sebabkan Keracunan?