06/01/2023 12:34:14
Info Kesehatan

Ngeri! Ciki Ngebul Bisa Bakar Dinding Pencernaan

Foto: Ilustrasi/YouTube

Nitrogen cair memiliki titik didih -197 derajat celcius. Dan ini cukup berbahaya jika digunakan dalam penganan, termasuk ice smoke atau ciki ngebul. Ahli pencernaan bilang, camilan ini berisiko membakar dinding pencernaan.

Kementerian Kesehatan RI baru-baru ini mengeluarkan surat edaran agar Dinas Kesehatan setempat dan rumah sakit segera melapor jika menemukan kasus keracunan 'ciki ngebul' atau ice smoke. Kewaspadaan ini menyusul adanya tujuh kasus anak yang dilaporkan keracunan nitrogen cair di Tasikmalaya, Jawa Barat.

Terkait hal itu, dokter konsultan pencernaan dari RS Brawijaya Depok, dr Aru Ariadno, SpPD KGEH, menjelaskan, nitrogen cair memiliki titik didih -197 derajat celcius yang cukup berbahaya. Di dunia kedokteran, nitrogen cair umumnya digunakan untuk pengobatan kulit seperti sel-sel prakanker. Hal tersebut karena zat ini memiliki efek cryogenic yang dapat mendinginkan sehingga sel-sel tubuh membeku.

"Karena sifatnya itu biasanya oleh dokter dermatologi nitrogen cair digunakan untuk membakar hal-hal yang tak diinginkan pada kulit, yang artinya ini bisa merusak jaringan," ucapnya seperti dikutip dari detikcom, Jumat (6/1/2023).

Dokter Aru menjelaskan, bila nitrogen cair tertelan ke dalam tubuh, efeknya bisa membakar dinding pencernaan yang berakibat kerusakan jaringan sampai perforasi atau bocornya saluran cerna.

Karenanya, ia mewanti-wanti masyarakat sebaiknya menghindari makanan yang menggunakan nitrogen cair sembangan. Sebab penggunaan nitrogen cair diperlukan adanya regulasi dari pemerintah agar penggunaannya sesuai aturan.

"Jadi bila tidak ditangani dengan cepat mungkin akan berakibat kematian. Untuk itu disarankan penggunaan nitrogen cair pada makanan perlu pengawasan lebih baik dari lembaga yang terkait agar penggunaannya tidak sembarangan," tuturnya lagi.

Di samping itu, Kemenkes juga melaporkan kondisi terkini dari ketujuh anak tersebut saat ini sudah membaik.

"Anaknya sudah sehat sekarang. Begitu juga yang 6 lainnya," ungkap Kepala Biro Komunikasi Kemenkes dr Siti Nadia Tarmizi.

Pada November 2022, sebanyak tujuh siswa Sekolah Dasar Negeri 2 Kecamatan Leuwisari, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, mengalami keracunan. Ketujuh anak tersebut mengalami mual, muntah, begah perut usai mengkonsumsi jajanan sekolah jenis cikbul alias ciki ngebul. (*)

 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Ngeri! Ciki Ngebul Bisa Bakar Dinding Pencernaan