01/02/2023 12:44:58
Info Kesehatan

Basuh Miss V dengan Air Semprotan Toilet Bisa Sebabkan Luka pada Mulut Rahim

Foto: Ilustasi/Dokcil

Penggunaan kloset duduk yang dilengkapi air semprotan untuk membasuh alat vital usai buang air kecil maupun besar, adalah hal biasa di Indonesia. Tapi, bagi wanita, air semprotan ini malah cenderung berbahaya bagi kesehatan organ reproduksi. Seperti apa?

Biar lebih praktis, banyak wanita Indonesia yang terbiasa menggunakan air semprotan toilet yang tergantung di kloset. Akan tetapi, kebiasaan ini ternyata tidak begitu disarankan dokter.

Ketua Umum Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI), Prof Dr dr Yudi M. Hidayat, SpOG, Subsp, Onk, D, MAS, MKes menyebut penggunaan semprotan WC bagi wanita bisa meningkatkan risiko masalah kesehatan organ seksual. Terlebih, jika wanita membersihkan vagina-nya hingga ke bagian dalam.

"Kebiasaan wanita ketika sesudah membuang air kecil, kemudian dia (membasuh miss V) kan yang kotor di bagian depan. Tapi karena dia punya shower yang bagus, semprot ke dalam," ucap dr Yudi seperti dikutip dari Detik Health.

Lebih lanjut, dr Yudi mengungkapkan jika hal tersebut dapat mengganggu sifat asam yang dimiliki oleh vagina. Sifat asam pada vagina sangat berguna untuk menghadang kuman masuk ke dalam organ seksual.

"Apa yang terjadi? Vagina yang tadinya asam untuk memback-up mencegah supaya kuman yang lain tidak bisa masuk, yang tidak tahan asam dia tidak bisa masuk," ucapnya.

Kebiasaan tersebut, bisa saja mengakibatkan luka pada mulut rahim. Jika hal itu terjadi, luka yang ada di mulut rahim nantinya akan menjadi tempat masuknya virus.

"Contohnya shower dan sebagainya, keasaman vagina itu akan terganggu. Artinya kuman bisa masuk dan menggerogoti mulut rahim. Mulut rahimnya nanti menjadi luka-luka, itu tempat masuknya virus ke mulut rahim," tutur dr Yudi.

Dokter Yudi menambahkan, Anda tetap bisa membersihkan vagina setelah buang air kecil, namun hanya di bagian luarnya saja. Tidak perlu membersihkan hingga ke bagian dalam.

"Itu tidak perlu cebok sampai harus disemprot sampai ke dalam. Cukup di bagian luarnya saja," kata dr Yudi menyarankan. (*)

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Basuh Miss V dengan Air Semprotan Toilet Bisa Sebabkan Luka pada Mulut Rahim