29/03/2023 12:19:06
Info Kesehatan

4 Langkah Mudah untuk Mencegah Naiknya Asam Lambung saat Puasa

Foto: Ilustrasi/Depositphotos

Bagi penderita penyakit asam lambung (gastritis), berpuasa seringkali mendatangkan rasa cemas tersendiri. Khawatir penyakit mereka akan kambuh yang disebabkan naiknya asam lambung sehingga ibadah puasa Ramadan menjadi terganggu. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Ketika seseorang mengidap penyakit lambung, lapisan pada lambung akan mengalami infeksi dan inflamasi dikarenakan gangguan ini. Hal ini terjadi karena gangguan pada lambung tersebut akan kambuh apabila seseorang tidak menjadwalkan jam makannya dengan tepat.

Melansir laman Halodoc, dengan berpuasa pengidap gastritis akan merasa lebih sehat karena jadwal makan lebih teratur. Dengan jam makan yang sama setiap hari, kebiasaan tubuh akan berubah juga.

Akan tetapi, tentu saja perlu diperhatikan juga jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi. Sebab, ada banyak faktor yang dapat memicu naiknya asam lambung saat puasa.

Mulai dari makanan yang dikonsumsi, langsung tidur setelah makan dan kebiasaan tidak sehat lainnya. Tentunya, kebiasaan-kebiasaan ini harus dihindari saat puasa supaya asam lambung tidak naik.

Nah, kalau kamu mengidap penyakit asam lambung dan kerap mengalaminya saat berpuasa, coba tips berikut untuk meredakannya:

1. Perhatikan asupan makanan saat sahur dan berbuka puasa

Asam lambung akan mudah naik jika kamu makan sahur dan berbuka dengan makanan yang tidak tepat. Oleh karenanya, penting untuk memilih makanan yang bisa mencegah asam lambung naik seperti, makanan yang pedas, asam, berlemak seperti gorengan, santan, cokelat, minuman bersoda, dan kopi.

Sementara saat sahur, upayakan makan lauk dengan sayuran hijau seperti brokoli, kacang hijau, seledri, kol, atau bayam untuk menjaga kesehatan lambung. Beberapa jenis sayuran tersebut rendah kandungan asam, sehingga mampu meredakan kondisi refluks di perut. Saat berbuka puasa, kamu bisa konsumsi minuman jahe hangat terlebih dahulu. Minuman ini memiliki sifat antiradang untuk mengatasi masalah asam lambung dan pencernaan lainnya.

2. Perhatikan porsi makan

Tips lain untuk mengatasi kambuhnya asam lambung adalah memperhatikan porsi makan. Hindari menyantap makanan dalam porsi besar sekaligus. Sebab, mengonsumsi makanan dalam porsi besar dapat membebani kerja organ pencernaan. Cegah asam lambung naik saat puasa dengan cara mengubah porsi makan jadi sedikit demi sedikit dulu diawali dengan minuman jahe hangat. Setelahnya, lanjutkan dengan makanan lain dengan porsi yang meningkat secara perlahan.

3. Kunyah makanan secara perlahan

Asam lambung bisa naik karena kebiasaan makan terlalu cepat. Kebiasaan ini biasanya dipicu oleh kondisi lapar setelah seharian berpuasa. Nah, sebaiknya makanlah secara perlahan dan mengunyah makanan selembut mungkin supaya lebih mudah dicerna. Kebiasaan ini membantu enzim pencernaan mengolah dan mencerna makanan dengan lebih mudah, sehingga mengurangi risiko asam lambung naik atau memperburuk gejala yang kamu alami.

4. Hindari terlalu banyak minum dan langsung tidur setelah makan

Bila saat makan sahur dan berbuka kamu terlalu sering minum air, ini bisa membuat perut menjadi kembung dan makanan menjadi sulit dicerna. Cobalah untuk memberi jeda setelah makan sahur atau berbuka untuk minum air. Lalu, jangan langsung tidur setelah sahur. Sebab, kebiasaan ini hanya akan memicu refluks asam lambung naik ke kerongkongan bersamaan dengan makanan yang kamu konsumsi.

Apabila rasa sakit yang ditimbulkan oleh gangguan tersebut masih dapat kamu tahan, isarankan agar tetap melanjutkan puasa. Namun, apabila rasa sakit yang terjadi sudah mengganggu produktivitas sehari-hari, sebaiknya langsung berbuka puasa dan mengonsumsi obat karena mungkin saja peradangan yang terjadi pada lambung menjadi lebih parah dan menyebabkan hal yang tidak diinginkan.

Setelah membatalkan puasa, cobalah untuk mengonsumsi antasida cair untuk mengatasi rasa sakit yang terjadi. Jika rasa sakitnya mereda, kamu bisa kembali berpuasa pada keesokan harinya. Jangan lupa mengonsumsi obat ini setelah makan sahur sebagai upaya untuk mencegah rasa sakit muncul lagi. (*)

*Dari berbagai sumber  

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: 4 Langkah Mudah untuk Mencegah Naiknya Asam Lambung saat Puasa