12/04/2023 12:14:42
TIPS PUASA

10 Rekomendasi Menu Sahur yang Bisa Bikin Kamu Kenyang Seharian

Foto: Ilustrasi/iStock

Pilihan menu sahur ternyata dapat memengaruhi aktivitas seseorang selama menjalani puasa. Nah, menu sahur sehat apa saja yang bisa bikin kamu kenyang seharian?

Tak sedikit orang yang mengabaikan waktu sahur karena malas bangun lebih awal. Padahal, makan sahur sangat penting untuk mengisi energi selama berpuasa.

Selain itu, menu dan porsi makan sahur juga harus diperhatikan agar rasa kenyang bertahan lama. Dengan demikian, kamu tetap dapat beraktivitas secara optimal selama berpuasa.

"Tidak perlu terlalu banyak mengonsumsi menu sahur. 30-40 persen dari kebutuhan energi harian sudah cukup," ujar dr Tirta Prawita Sari, MSc, SpGK, seperti dikutip dari Detik Health.

Spesialis gizi dari RS Pondok Indah Jakarta itu lantas memberikan beberapa rekomendasi menu sahur yang sehat dan efektif membuat orang bisa tahan lapar seharian. Berikut daftarnya:

1. Nasi merah

Jenis nasi ini memang tidak terlalu banyak dikonsumsi sebagai sumber karbohidrat daripada nasi putih. Namun, nasi merah bisa dicoba sebagai menu sahur baru yang dapat menghasilkan efek kenyang lama. Nasi merah mengandung serat dan indeks glikemik rendah. Alhasil, penyerapan gizi berlangsung perlahan sehingga rasa kenyang bertahan lebih lama.

2. Telur

Produk hewani ini kaya protein sehingga butuh waktu lama bagi tubuh untuk mencernanya. Rasa kenyang pun akan bertahan lebih lama. Jika bosan dengan menu telur yang itu-itu saja, coba variasikan menjadi orak-arik, sunny side up, atau direbus bersama salad sayur.

3. Oatmeal

Oatmeal mengandung protein dan karbohidrat kompleks sehingga membuat kenyang lebih lama. Oatmeal mengandung serat 7 kali lebih banyak dari nasi putih dan sejenisnya. Karena kaya serat dan protein, oatmeal juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan membantu tubuh menyerap nutrisi dengan baik. Campurkan oatmeal dengan buah, seperti pisang atau stroberi agar rasanya semakin nikmat.

4. Pisang dan apel

Serat dan vitamin yang terkandung dalam pisang dan apel dipercaya efektif menjaga stamina. Selain itu, buah-buahan ini juga membuat rasa kenyang bertahan lebih lama.

5. Alpukat

Umumnya, buah satu ini menjadi menu buka puasa. Namun, ternyata alpukat cocok dikonsumsi sebagai menu sahur. kandungan serat dan lemak baik yang dimilikinya menimbulkan rasa kenyang lebih lama.

6. Sayuran hijau

Selain kaya akan serat, frekuensi mengunyah yang tinggi saat makan sayuran hijau bisa memberikan kesan kenyang. Sayuran hijau juga mengandung antioksidan tinggi yang baik untuk tubuh.

7. Ikan dan ayam

Ikan dan ayam tergolong daging putih kaya protein dan rendah kolesterol. Kedua daging ini bisa menjadi pilihan menu sahur karena efektif untuk menahan rasa lapar dan menjaga stamina. Jika ingin makanan super sehat, olah ikan menjadi sup, dikukus, atau dipepes.

8. Kurma

Selain dikonsumsi saat buka puasa, kurma juga bisa menjadi menu sahur. Mengonsumsi 2-3 butir kurma saat sahur memenuhi kadar gula darah harian yang dibutuhkan tubuh.

9. Kacang-kacangan

Selain bikin kenyang tahan lama, kacang-kacangan seperti kedelai, kacang tanah, kacang hijau, dan kacang panjang kaya akan serat sehingga bisa melancarkan pencernaan.

10. Susu

Daripada minum teh atau kopi, konsumsi susu lebih dianjurkan saat sahur. Susu mengandung tinggi protein sehingga rasa kenyang lebih tahan lama. Susu juga membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
TIPS PUASA: 10 Rekomendasi Menu Sahur yang Bisa Bikin Kamu Kenyang Seharian