08/06/2023 16:17:02
Info Kesehatan

Jangan Tunggu Parah, Kenali Gejala Kanker Payudara sebelum Terlambat!

Foto: Ilustrasi/internet

Kanker payudara adalah salah satu jenis kanker paling mematikan bagi kaum hawa selain kanker serviks. Karena itu, jangan pernah abaikan gejala-gejala yang muncul sebelum sel kanker menyerang organ tubuh lain.

Melansir laman Halodoc, sel kanker payudara akan bertumbuh dan menyerang jaringan pada payudara seperti saluran air susu, lobulus yang bertugas sebagai penghasil air susu, hingga jaringan penunjang seperti jaringan lemak. Kanker payudara terjadi akibat adanya perubahan atau mutasi pada sel-sel payudara yang berubah menjadi sel abnormal dan tidak terkendali.

Perubahan ini disebabkan oleh beberapa faktor pemicu, seperti gaya hidup tak sehat, paparan radiasi, kelebihan berat badan, masalah hormonal, menopause terlambat, menstruasi pertama berusia di bawah 12 tahun, hingga faktor genetik.

Bicara tentang kanker payudara, baru-baru ini Shannen Doherty mengungkapkan kondisi kesehatannya setelah didiagnosis kanker payudara stadium 4 pada 2020. Melalui unggahan di akun Instagramnya, bintang televisi Amerika tahun 90-an itu menyebut sel kankernya sudah menyebar ke otak sejak Januari 2023 lalu.

"12 Januari 2023. Pada 5 Januari, ct scan saya menunjukkan sel kanker telah menyebar ke otak saya. Video kemarin menunjukkan proses pemasangan masker yang harus dikenakan selama radiasi ke otak," tulisnya mengawali unggahan video kedua seperti dikutip dari detikcom.

Bintang serial televisi populer Beverly Hills 90210 itu pertama kali didiagnosis mengidap kanker payudara pada 2015. Ia menjalani delapan kemoterapi dan perawatan radiasi bersama mastektomi tunggal, hingga dinyatakan sembuh dua tahun kemudian. Namun pada 2020, Doherty mengumumkan kankernya telah kembali dan masuk stadium 4.

Kanker payudara adalah jenis kanker yang paling umum pada wanita di Amerika Serikat. Menurut American Cancer Society (ACS), itu membuat sekitar 30 persen dari semua kanker baru yang didiagnosis pada wanita setiap tahun.

Semua kanker, termasuk kanker payudara, dapat bermetastasis. Ini terjadi saat sel kanker menyebar ke bagian tubuh yang lebih jauh dari tempat asalnya. Kanker metastatik juga disebut kanker stadium 4. Otak adalah salah satu lokasi umum metastasis kanker payudara seperti dialami Doherty.

Sebuah Studi 2017 mengamati 4.932 orang dengan kanker payudara metastatik, sekitar 8,8 persen mengalami metastasis otak. Metastasis terjadi ketika sel kanker melepaskan diri dari lokasi tumor aslinya. Sel-sel ini menggunakan sistem peredaran darah atau limfatik untuk melakukan perjalanan ke bagian tubuh yang lebih jauh, seperti otak, dan membentuk tumor baru.

Lalu, apa saja gejala kanker payudara yang mudah dikenali?

Ketika sel kanker tumbuh di area payudara, kemunculannya biasanya ditandai dengan berbagai gejala berikut ini:

1. Benjolan pada Payudara

Benjolan yang muncul di payudara adalah gejala kanker payudara yang paling mudah dikenali. Selain di area payudara, benjolan juga mungkin muncul di sekitar dada atas atau ketiak. Hal ini disebabkan jaringan payudara membentang hingga ke bawah lengan. Sel kanker bisa menyebar melalui kelenjar getah bening yang ada di dekat payudara atau di bawah lengan ke organ-organ lain yang jauh dari payudara.

Terkadang, benjolan sebagai gejala kanker payudara tidak terlihat langsung oleh mata telanjang, tetapi akan terasa saat disentuh. Benjolan kanker juga bisa saja tidak terasa nyeri ataupun menyakitkan. Untuk mengenalinya, berikut ini ciri-ciri benjolan gejala kanker payudara:

-Tekstur benjolan cenderung lunak ke arah keras.

-Permukaan benjolan biasanya tidak rata.

-Benjolan melekat erat pada payudara.

-Benjolan biasanya hanya berjumlah satu.

-Benjolan tidak terasa sakit ataupun nyeri ketika ditekan.

Agar bisa mendeteksi adanya benjolan gejala kanker payudara, kamu perlu rutin memeriksa penampilan dan kondisi payudara setiap hari, sehingga bisa mendeteksi adanya masalah sedini mungkin.

2. Perubahan pada Kulit Payudara

Perubahan pada kulit payudara juga menjadi gejala kanker payudara. Sel kanker biasanya juga menyerang sel-sel kulit payudara yang sehat dan menyebabkan peradangan sehingga tekstur aslinya berubah.

Ada beberapa perubahan payudara yang terkait dengan kanker, seperti adanya area kulit yang menebal, kulit payudara yang menjadi sedikit cekung dan berkerut, hingga kulit yang terasa gatal.

3. Keluarnya Cairan Berwarna dari Puting

Kanker payudara juga ditandai dengan munculnya cairan berwarna dari puting. Kondisi ini akan disertai dengan munculnya luka pada puting yang tidak membaik. Cairan yang keluar biasanya bukan berwarna bening, melainkan cokelat kemerahan. Segera periksakan ke rumah sakit atau tanyakan pada dokter saat puting mengeluarkan cairan yang tidak normal.

4. Payudara Besar Sebelah

Payudara wanita memang tidak memiliki ukuran dan bentuk yang sama antara kiri dan kanannya. Namun, kamu harus waspada jika payudara besar sebelah tidak seperti biasanya, karena bisa jadi itu tanda kanker. Hal ini karena sel kanker dapat membuat seluruh atau sebagian area payudara membengkak. Akibatnya, salah satu sisi payudara yang terkena kanker akan berukuran lebih besar.

Jika diakibatkan oleh kanker, perbedaan ukuran payudara akan terlihat cukup jelas. Sisi payudara yang terdapat benjolan akan sangat bengkak sehingga tampak turun atau merosot. Jika kamu mengalami pembengkakan pada payudara tanpa alasan yang jelas, jangan ragu memeriksakannya ke dokter.

5. Puting Melesak atau Tertarik ke Dalam

Sel kanker dapat menyerang dan mengubah sel di belakang puting. Hal ini bisa menyebabkan puting susu terbalik atau seperti melesak masuk ke dalam. Padahal, puting susu normalnya akan tampak menonjol keluar. Selain ujung puting yang melesak ke dalam, bentuk dan ukuran puting juga kerap berubah jauh dari aslinya.

Adapun gejala kanker payudara yang menyebar ke otak dapat bergantung pada bagian otak mana yang terpengaruh dan mungkin termasuk:

-Sakit kepala

-Pusing

-Mual atau muntah

-Kelemahan atau mati rasa di anggota tubuh Anda

-Perubahan penglihatan, seperti penglihatan kabur atau tiba-tiba kehilangan penglihatan

-Kesulitan berbicara atau bicara cadel

-Kesulitan untuk tetap seimbang

-Masalah dengan memori

-Perubahan kepribadian

-Kejang

Gejala lain yang lebih umum bahwa kanker payudara telah bermetastasis meliputi:

-Kelelahan

-Merasa tidak enak badan, atau malaise

-Nafsu makan berkurang

-Penurunan berat badan yang signifikan

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Jangan Tunggu Parah, Kenali Gejala Kanker Payudara sebelum Terlambat!