24/07/2023 17:00:28
Info Kesehatan

Masuk Kategori Narkoba, Ini Bahaya Tembakau Sintetis untuk Kesehatan

Foto: Ilustrasi/internet

Yang namanya narkoba tentunya berbahaya jika disalahgunakan. Begitu juga dengan tembakau sintetis. Apa itu tembakau sintetis dan apa saja bahayanya?

Belum lama ini, aktor sinteron Bobby Joseph kembali ditangkap dengan dugaan penyalahgunaan narkoba. Kali ini salah satu barang bukti yang berhasil diamankan adalah narkoba jenis tembakau sintetis.

Apa sebenarnya tembakau sintetis?

Tembakau sintetis atau disebut juga tembakau gorila adalah ganja sintetis yang terbuat dari campuran berbagai bahan kimia. Campuran tersebut kemudian disemprotkan pada potongan daun atau pada rokok tembakau, dengan cara dilinting seperti menggunakan ganja kemudian diisap.

Bahan kimia yang terkandung di dalamnya sengaja dibuat secara artifisial untuk meniru efek ganja atau ekstasi. Efek yang ditimbulkan seperti mabuk, dan bagi pengguna yang tidak kuat menahan efeknya bisa muntah bahkan pingsan.

Lalu, apa saja bahaya tembakau sintetis bagi kesehatan? Berikut berbagai efek samping serius dari penyalahgunaan tembakau sintetis seperti yang dikutip dari berbagai sumber:

1. Gangguan Suasana Hati

Pada awal pemakaian tembakau ini dapat meningkatkan suasana hati. Namun, efek tersebut dengan cepat menjadi berbahaya termasuk efek kebingungan, paranoia, dan halusinasi. Hal ini dapat berujung pada hal-hal serius seperti melukai diri sendiri, bunuh diri, dan kekerasan fisik terhadap orang lain.

2. Kecanduan (Sakau)

Sama halnya dengan gejala narkoba pada umumya, tembakau gorila juga dapat menyebabkan kecanduan dan ketergantungan. Ketika ketagihan tidak terpenuhi, dapat terjadi gejala sakau.

3. Merusak Sistem Ginjal

Ginjal merupakan organ yang berfungsi untuk menyaring zat-zat beracun keluar dari tubuh. Kerusakan ginjal bisa terjadi apabila menggunakan tembakau gorila secara terus-menerus. Untuk memperbaiki fungsi ginjal yang rusak perlu menjalani pengobatan hemodialisis atau cuci darah yang bisa bersifat sementara atau bahkan seumur hidup, bergantung pada tingkat keparahannya.

4. Kerusakan Kardiovaskular

Tembakau gorila dapat menyebabkan kerusakan kardiovaskular seperti serangan jantung dan peningkatan kasus stroke. Kedua kondisi tersebut dapat menyebabkan kerusakan fisik yang berkepanjangan hingga kematian.

Gejala yang acap kali terjadi akibat tembakau gorila adalah takikardia dan hipertensi, jika hal ini terjadi secara teratur atau berlangsung lama, jantung, vena, dan arteri dapat mengalami kerusakan. (*)

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Masuk Kategori Narkoba, Ini Bahaya Tembakau Sintetis untuk Kesehatan