28/07/2023 14:53:36
Info Kesehatan

Diprediksi Mencapai 1,3 Miliar pada 2050, Begini Cara yang Benar Mencegah Diabetes

Foto: Ilustrasi/internet

Penderita diabetes di seluruh dunia diprediksi mencapai 1,3 miliar pada 2050. Ini merupakan salah satu temuan utama dari penelitian tentang kasus diabetes global yang baru-baru ini diterbitkan di The Lancet.

Studi tersebut menganalisis dan mensintesis semua data epidemiologis yang tersedia tentang beban diabetes. Ini didefinisikan sebagai penurunan kesehatan akibat diabetes yang ditangkap melalui jumlah kasus, tingkat keparahan penyakit dan kematian.

Studi yang digagas oleh ilmuwan riset di Institute for Health Metrics and Evaluation, University of Washington, Liane Ong, bersama rekannya, Lauryn Stafford, itu juga menyertakan lebih dari 27 ribu sumber data untuk menghasilkan perkiraan prevalensi diabetes, kecacatan, kematian, untuk 204 negara dan wilayah dari 1990 hingga 2021.

Menggunakan alat pemodelan yang memperhitungkan faktor sosiodemografi dan obesitas, Ong dan Stafford memproyeksikan prevalensi diabetes hingga 2050.

"Kami juga memperkirakan proporsi kecacatan dan kematian akibat diabetes yang disebabkan oleh faktor risiko spesifik yang terkait dengan obesitas, diet, aktivitas fisik, lingkungan atau pekerjaan, juga penggunaan tembakau dan alkohol," demikian bunyi isi studi tersebut, dikutip dari Science Alert.

Adapun analisis tersebut adalah bagian dari "Studi Beban Penyakit, Cedera, dan Faktor Risiko Global" berskala besar yang telah menghitung penurunan kesehatan akibat ratusan penyakit, cedera, dan faktor risiko sejak 1990. Ribuan pakar kesehatan dan peneliti di seluruh dunia berkontribusi dan menggunakan estimasi dari studi ini, yang terus diperbarui.

Berdasarkan proyeksi dari Ong dan Stafford, setiap negara diperkirakan akan mengalami peningkatan kasus diabetes pada 2050. Di kawasan yang diperkirakan akan terkena dampak paling parah, termasuk Afrika Utara, Timur Tengah, dan negara kepulauan Pasifik, satu dari lima orang dapat hidup dengan diabetes pada 2050.

Diantara orang dewasa yang lebih tua di wilayah-wilayah itu, prevalensi diabetes diperkirakan akan lebih tinggi lagi. Sebagian besar kasus diabetes baru yang akan berlangsung dalam tiga dekade mendatang adalah diabetes tipe 2. Pada 2021 silam, obesitas adalah faktor risiko utama untuk diabetes tipe 2.

Lalu, bagaimana cara menghindarinya? Berikut beberapa cara yang tepat untuk mencegah penyakit tersebut:

1. Rutin Berolahraga

2. Menjaga Berat Badan tetap Ideal

3. Menerapkan Pola Makan Sehat

4. Melakukan Pengecekan Gula Darah Secara Berkala

5. Mengelola Stres

6. Rajin Minum Air Putih

7. Mempertahankan Kadar Vitamin D secara Optimal

8. Menghentikan Kebiasaan Merokok

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Diprediksi Mencapai 1,3 Miliar pada 2050, Begini Cara yang Benar Mencegah Diabetes