18/08/2023 17:24:13
Info Kesehatan

Anak-Anak Paling Rentan Terkena Dampak Polusi Udara, Seperti Apa?

Foto: Ilustrasi/iStock

Kualitas udara yang buruk tidak hanya mengganggu kesehatan orang dewasa, melainkan juga anak-anak. Bahkan, anak-anak cenderung lebih rentan terkena dampaknya. Apa saja?

Dokter spesialis anak sekaligus Anggota Unit Kerja Koordinasi (UKK) Respirasi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dr Darmawan B. Setyanto, SpA (K), menjelaskan anak memang merupakan kelompok usia yang paling rentan terhadap polusi udara.

"Karena secara fisiologi mereka bernapas dengan laju napas yang lebih besar, sehingga kalau dihitung per kg berat badannya, udara yang terhirup lebih banyak. Sehingga, polutan yang terhirup lebih banyak dibandingkan orang dewasa," terangnya dalam konferensi pers secara daring seperti dikutip dari detikcom, Jumat (18/8/2023).

Karenanya, dr Darmawan menegaskan anak yang sering menghirup udara berpolutan akan mengalami gangguan sistem pernapasan seperti asma, infeksi saluran pernapasan atas (ISPA), hingga pneumonia.

Lebih lanjut, ia menuturkan polusi udara juga bisa menyebabkan gangguan kesehatan non-pernapasan pada anak. Salah satunya adalah stunting.

"Sekarang yang sedang jadi isu rame itu stunting. Sudah ada penelitian yang menyebutkan polusi udara menyumbang stunting pada anak," ujarnya menambahkan.

Tak hanya itu, dr Darmawan menyebutkan pada jangka panjang polusi udara juga bisa meningkatkan risiko penyakit kronis seperti jantung dan diabetes ketika anak beranjak usia dewasa.

"Dampak jangka panjangnya bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes di masa besarnya nanti," terangnya.

Mantan aktris cilik, Tasya Kamila, adalah salah satu contohnya. Kedua anaknya sering mengalami batuk akibat kualitas udara yang buruk di Ibu Kota.

"Bulan lalu, Shanin batuk pilek indikasi alergi sampai 1 bulan baru mereda. Selain minum obat, terapinya 6 kali inhalasi di RS+10 kali inhalasinya di rumah," tulis Tasya lewat akun Instagram pribadinya.

Bahkan anak pertamanya, Arrasya, juga mengalami sakit batuk pilek dan indikasi alergi sampai tidak bisa bersekolah selama sepekan. (*) 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Anak-Anak Paling Rentan Terkena Dampak Polusi Udara, Seperti Apa?