24/01/2014 15:26:02

Kebiasaan Berdehem “Ehm..Ehm..’ Berbahayakah?

Siapa yang suka berdehem atau mengeluarkan suara ‘ehm..? Suara seperti batuk kecil yang tertahan sering dilakukan untuk banyak alas an, baik karena serak atau hanya ingin menarik perhatian. Hati-hati, kebiasaan ini juga dapat membahayakan kesehatan.
 

Menurut penelitian kesehatan, bahwa kebiasaan berdehem bisa merusak tenggorokan dan bahkan pita suara jika dilakukan terus menerus. Bahayanya dinilai lebih banyak dari manfaatnya yang tidak besar.
 

Kebiasaan berdehem juga bisa memicu kecanduan.  Saat kita nyaman berdehem, secara psikologis ia akan merasa perlu untuk terus berdehem sehingga lama-kelamaan menjadi masalah perilaku.
 

Kenyataannya, tidak semua orang berdehem untuk alas an jelas. Berdehem merupakan bentuk respon tubuh saat sedang dalam kondisi stress. Tidak heran jika banyak orang sering berdehem saat sedang bicara serius.
 

Berdehem yang sesungguhnya biasanya dipicu oleh keberadaan benda asing di belakang tenggorokan, dan terasa mengelitik dan harus dikeluarkan. Biasanya dialami oleh orang yang batuk, pilek, asma, asam lambung ataupun masalah kesehatanlainnya.
 

Sobat dokterkecil.com, sebaiknya tidak berdehem lebih dari tiga bulan karena akanmengubah pita suara dan disarankan mengatasi penyebab berdehem.



Dikutip dari berbagai sumber. 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Kebiasaan Berdehem “Ehm..Ehm..’ Berbahayakah?