26/02/2016 14:57:47
Info Kesehatan

Ketahui Manfaat Kulit Pisang Sebelum Membuangnya

Pisang adalah tanaman jenis Terna yang buahnya mudah didapat dan kaya akan vitamin. Selain kaya akan vitamin, pisang juga merupakan buah dengan sumber gizi yang hampir sempurna karena mengandung  air, gula, protein, lemak, dan mineral. Dan berkat tingginya nilai gizi yang dikandungnya, maka ia telah menjadi makanan penting (pokok) bagi banyak orang.

Namun demikian, banyak orang yang tidak tahu manfaat dari kulit yang membungkus buah pisang tersebut. Kulit pisang yang biasa kita buang setelah memakan buahnya, ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita lho sobat Dokcil. Berikut adalah manfaat kulit pisang bagi kesehatan :

 

-      Kulit pisang dapat membuat kulit wajah menjadi lebih halus dan mulus secara alami, juga berguna untuk mengatasi masalah jerawat membandel. Kandungan antioksidan dan anti jamur yang terdapat di dalam kulit pisang dapat mengurangi minyak berlebih serta dapat mengatasi iritasi dan rasa gatal pada kulit yang berjerawat sehingga dapat mempercepat penyembuhan serta dapat menghilangkan bekas jerawat.

-       Saat kulit terasa gatal karena gigitan nyamuk, semut atau serangga lainnya oleskan kulit pisang bagian dalam ke daerah yang digigit . Hasilnya, rasa gatal perlahan menghilang dari kulit anda.

-     Bekas luka yang menghitam di kulit tentu dapat merusak penampilan cantik anda. Gunakan manfaat kulit pisang sebagai penghilang bekas luka tersebut dengan cara ditempelkan atau digosokkan.

-     Kulit pisang dapat dimanfaatkan sebagai obat alami untuk menyingkirkan psoriasis. Psoriasis dapat dialami oleh banyak orang. Penyakit psoriasis ditandai dengan adanya sisik berwarna keperakan dan tambahan warna merah serta perih atau gatal. Apabila sisik ini digaruk akan mengakibatkan bintik pendarahan yang cukup sakit.

-       Manfaat lain dari kulit pisang adalah mengobati kutil. Gosok bagian dalam kulit pisang pada kutil setiap malam, efeknya akan terlihat pada hari ke 7-10.

-      Luka karena cedera, terutama pada lutut dapat disembuhkan dengan memanfaatkan kulit pisang. Cara yaitu dengan menggosokkan kulit pisang “baru” pada bagian yang terluka. Setelah itu, Anda dapat melihat efek penyembuhan dari kulit pisang ini.

-      Kulit pisang mengandung mineral serta antioksidan alami yang membantu peremajaan kulit dan menyembuhkan iritasi ataupun luka memar pada kulit bagian luar. Caranya tempelkan kulit pisang pada area terluka dan biarkan selama 1 malam hingga pagi, setelah itu bilas dengan air.

-     Kulit pisang juga mengandung zat yang dapat melindungi mata dari sinar ultraviolet berbahaya. Caranya dapat dilakukan dengan menggosokkan kulit pisang pada area kelopak mata. Kulit pisang yang digunakan tersebut dijemur terlebih dahulu selama beberapa saat.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Ketahui Manfaat Kulit Pisang Sebelum Membuangnya