15/08/2019 11:32:05
Info Kesehatan

Makanan Kaya Nutrisi untuk ASI Berkualitas

 Air Susu Ibu (ASI) yang kental & berkualitas memiliki banyak sekali manfaat bagi sang buah hati. ASI memang sangat berguna bagi kesehatan dan perkembangan si kecil. Oleh karena itu, Anda tentu ingin memberikan yang terbaik untuk si kecil dengan menjaga kualitas ASI, bukan?

Nah, untuk bisa meningkatkan kualitas ASI, ada banyak hal yang bisa dilakukan salah satunya dengan mengontrol pola makan makanan sehat dan bergizi hingga menjaga kestabilan tubuh, agar sang ibu tidak mudah drop.

 Ada banyak pilihan makanan untuk ibu menyusui yang bisa membantu meningkatkan kualitas ASI. Berikut beberapa rekomendasi makanan yang akan membuat ASI lebih kental dan berkualitas serta kaya nutrisi untuk si kecil:

1. Ikan Salmon

Untuk membuat ASI berkualitas dan kental, jenis ikan yang paling baik adalah ikan salmon. Ikan salmon memiliki kandungan omega – 3 berjenis EPA (Eicosapentaenoic acid) dan DHA (Docosahexaenoic acid). Nah, DHA ini sangat bagus bagi perkembangan saraf dan meningkatkan kecerdasan sang bayi, sedangkan EPA baik untuk jantung dan pembentukan sel darah. Akan tetapi, pastikan agar memasak ikan salmon hingga matang, untuk mengantisipasi adanya kuman penyakit.

2. Susu Kedelai

Saat ini, masih banyak sekali ibu yang memilih susu rendah lemak. Susu rendah lemak memang termasuk salah satu makanan sehat untuk ibu menyusui. Namun, untuk memperkaya nutrisi Anda bisa mengombinasikannya dengan susu soya atau susu kedelai.

Susu kedelai ini sangat bermanfaat bagi kesehatan, terutama untuk mengatasi alergi pada bayi. Selain itu, susu kedelai mengandung lesithin, antioksidan, saponin, dan juga isoflavon yang merupakan kandungan zat untuk pencegahan pertumbuhan sel yang nggak normal.

3. Daging Sapi Tanpa Lemak

Untuk Anda yang suka makan steak sapi, makanan ini tetap aman untuk dikonsumsi selama periode menyusui, lho. Tetapi, akan lebih baik jika sang ibu mengkonsumsi daging sapi non-lemak karena mengandung banyak zat bes yang sangat diperlukan guna menambah energi yang terkuras pasca melahirkan dan menyusui. Untuk menghindari bakteri, pastikan daging sapi dimasak pada tingkat kematangan well done, ya.

4. Beras Merah

Makanan untuk ibu menyusui selanjutnya adalah beras merah. Beras merah mengandung senyawa galaktogogus yang baik untuk melancarkan ASI. Beras merah juga akan membantu proses pemulihan pasca melahirkan. Selain itu, beras merah juga membantu meningkatkan nafsu makan dan menjaga kadar gula dalam darah.

5. Jeruk dan Sayuran

Buah-buahan merupakan bahan makanan yang kaya akan vitamin. Tentu pada masa menyusui . seorang ibu memerlukan banyak asupan vitamin, khususnya vitamin C. Bahkan, faktanya vitamin C lebih dibutuhkan saat menyusui dibanding ketika hamil. Sementara, sayuran sudah jelas bermanfaat bagi nutrisi dan pencernaan buah hati. Sayur-sayuran yang bisa dimanfaatkan sebagai makanan sehat untuk ibu menyusui antara lain adalah bayam, jangung, dan juga kentang.

6.Roti Gandum

Gandum adalah pilihan makanan untuk ibu menyusui selanjutnya yang cukup mudah ditemukan. Kandungan asam folat pada gandum yang sangat bagus bagi perkembangan otak bayi. Nah, untuk meningkatkan kandungan asam folat pada ASI, cobalah untuk mengongsumsi panganan berbahan dasar gandum seperti roti gandum untuk mensuplai kebutuhan asam folat di dalam tubuh. Bisa juga menjadikannya biskuit dan kue dari gandum sebagai camilan di sore hari.

7.Telur

Bahan makanan untuk meningkatkan kualitas ASI lainnya adalah telur. Bahan makanan satu ini kaya akan vitamin D yang berfungsi untuk menjaga tulang ibu dan perkembangan tulang bayi pada masa pertumbuhan.

8. Kacang-Kacangan

Untuk camilan sehat selama periode menyusui, ibu menyusui bisa menjadikan kacang-kacangan seperti kacang almond, kacang tanah, hingga kacang hijau sebagai snack sehat. Kacang-kacang ini mengandung banyak protein baik yang berkhasiat sebagai salah satu cara memperlancar ASI. Kacang almond sendiri mengandung senyawa dan zat yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan si kecil.

Mengonsumsi kacang-kacangan dan makanan sehat untuk ibu menyusui lainnya mungkin akan membuat suplai ASI menjadi berlebihan. Untuk itu, bisa menggunakan breast pump agar ASI yang berlebih bisa disimpan di lemari pendingin. Jangan lupa, gunakan botol steril agar ASI berkualitas aman dari kuman dan bakteri.

9. Oat

Makanan sehat untuk menyusui selanjutnya adalah Oat. Selain saat menyusui, Oatmeal juga baik untuk dikonsumsi selama masa kehamilan karena bisa mencegah terjadinya diabetes selama periode kehamilan. Mengonsumsi Oatmeal juga bisa memperlancar ASI selama periode menyusui dan juga memberikan kalori yang cukup bagi ibu untuk berbagai aktivitas selama menyusui.

10. Daun Katuk

Sudah bukan rahasia jika daun katuk merupakan salah satu makanan ibu menyusui yang ampuh memperlancar ASI. Bahkan daun katuk dipercaya bisa meningkatkan produksi ASI hingga 50 persen. Daun katuk bisa dimasak sebagai kuah bening dan disantap dengan nasi merah.

11. Air putih

Ketika masa-masa menyusui, frekuensi air yang keluar lewat ASI dan aktivitas lainnya tentu menjadi jauh lebih tinggi. Jadi, agar ibu tidak kekurangan cairan dan membuat kualitas ASI menurun, jangan sampai kekurangan mengonsumsi air putih. Pastikan untuk mengonsumsi air putih yang sudah matang dan bebas dari kuman serta bakteri. Kurangi dan hindari konsumsi air minum isi ulang dan air minum dalam kemasan. (*)

*Dari berbagai sumber

 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Makanan Kaya Nutrisi untuk ASI Berkualitas