24/01/2014 15:26:01

Buah Nangka Kaya Manfaat

Sobat dokterkecil.com, pernah menyantap buah nangka? Biasanya sebagai campuran makanan seperti kolak, es buah, puding, dan es dawet. Buah nangka memiliki aroma yang khas, rasanya manis.

 

Buah nangka umumnya dikonsumsi di beberapa negara Asia seperti Indonesia, Sri Lanka, dan Bangladesh. Daging buah nangka mempunyai zat tepung dan buah ini juga dikenal bermanfaat bagi kesehatan. Nangka merupakan sumber makanan yang kaya vitamin A, C, thiamin, kalium, kalsium, riboflavin, zat besi, niasin, dan seng. Buah ini juga mempunyai serat yang rendah kalori sehingga baik untuk pasien penyakit jantung.

 

Selain nikmat dan dapat dijadikan sebagai campuran makanan, buah nangka juga memilik beberapa khasiat. Nah, khasiat buah nangka antara lain:

 

1. Buah nangka dapat mengembalikan energi tubuh

Buah nangka memiliki kandungan gula sederhana seperti fruktosa serta suksrosa yang langsung berubah menjadi energi melalui proses metabolisme. Dengan mengkonsumsinya, energi tubuh yang hilang akan kembali secara langsung.

 

2. Atasi sembelit

Pada buah nangka terdapat serat yang cukup baik untuk mengatasi masalah buang air besar. Serat pada buah nangka juga mampu untuk melindungi membran mukosa usus serta mengikat zat karsinongen penyebab kanker yang terjadi pada usus besar.

 

3. Manfaat kesehatan buah nangka untuk tulang

Buah nangka baik untuk anak-anak muda dalam menjaga kesehatan tulang. Nangka kaya akan magnesium yang memperkuat tulang dan mencegah tubuh dari gangguan tulang seperti osteoporosis.

 

4. Melindungi tubuh dari kanker paru-paru serta kanker rongga mulut.

Dalam buah nangka mengandung kaya akan vitamin A serta antioksidan flavanoid seperti xanthin, beta-karotin, lutein, serta beta-cryproxanthin. Vitamin A yang terdapat pada buah nangka juga dapat menjaga selaput kulit dan lendir.

 

5. Baik untuk kesehatan jantung

Buah nangka mengandung potasium, mangan, magnesium, besi serta kalium. Kalium pada buah nangka berfungsi untuk mengontrol detak jantung serta tekanan darah.

 

6. Kaya asam folat.

Pada buah nangka, terdapat vitamin B komples. Kandungan vitamin B6, niacin, serta riboflavin cukup tinggi. Selain itu, pada buah nangka juga kaya akan asam folat yang berfungsi untuk mencegah kecacatan otak.

 

7. Nangka juga bermanfaat untuk kesehatan mata dan kulit.

Buah nangka mengandung vitamin A yang memelihara kesehatan mata dan kelembutan kulit. Nangka juga mencegah gangguan mata seperti degenerasi makula dan rabun senja.

 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Buah Nangka Kaya Manfaat