24/01/2014 15:26:01

Bakpia Khas Yogya

Sobat dokterkecil.com, siapa hayoo yang belum pernah makan bakpia? Bakpia terkenal sebagai makanan khas Yogya.

 

Bakpia adalah makanan yang terbuat dari campuran kacang hijau dan gula yang dibungkus dengan kulit yang terbuat dari tepung kemudian dipanggang. Saat ini isi bakpia sangat bervariasi, tidak hanya bersisi kacang hijau saja namun kita juga bisa menemukan bakpia dengan isian keju, coklat, kacang merah, kumbu hitam, dll.

 

Dahulu, bakpia di Yoyga dibuat pertama kali di Desa Pathuk. Itulah kenapa kue ini sering disebut dengan bakpia Pathuk. Desa Pathuk lokasinya di belakang Malioboro. Jika mau ke sana dari Malioboro, kita dapat naik becak. Ongkosnya Rp5.000,00 hingga Rp7.000,00, bolak-balik dari Malioboro. Tergantung kesepakatan dengan tukang becak.

 

Di Pathuk, ada toko bakpia yang mengizinkan pembeli mengintip dapurnya. Misalnya, pabrik bakpia 25. Kita dapat melihat proses pembuatan bakpia dari sejak masih menjadi bahan mentah sampai pengepakannya.

 

Sobat dokterkecil.com, merek bakpia di Yogya kebanyakan menggunakan nomor. Ternyata, itu adalah nomor rumah tempat bakpia itu dibuat. Ada nomor 25, 75, dan lainnya. Bakpia ini bisa dibeli langsung di tempat pembuatannya, atau di toko-toko dan kios yang banyak tersebar di Yogya.

 

Nah, bagi yang suka jalan-jalan ke Yogja jangan lupa beli oleh-oleh bakpia ya…

 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Bakpia Khas Yogya