24/01/2014 15:26:02

GERD bukanlah Maag

Sobat dokterkecil.com, pernah mendengar tentang penyakit GERD atau Gastro Esophageal Reflux Disease? Penyakit GERD merupakan gangguan saluran pencernaan bagian atas yang terjadi karena adanya aliran balik secara spontan dari isi lambung ke kerongkongan. Isi lambung terdiri dari berbagai zat, salah satunya ialah asam lambung.

 

Penyakit yang berhubungan dengan asam lambung selalu diartikan dengan penyakit maag. Padahal ada satu jenis penyakit kronik lain yang juga disebabkan oleh peningkatan asam lambung, yaitu GERD. Bila tidak ditangani dengan baik bisa menyebabkan terjadinya peradangan hingga kanker kerongkongan dan kanker lambung.

 

Gejala penyakit ini adalah nyeri ulu hati dan dada, sulit menelan, sering sendawa, batuk kronis terutama dimalam hari dan radang tenggorokan. Namun gejala yg paling khas adalah rasa seperti terbakar dibagian belakang tulang dada dan naiknya aliran rasa asam ke rongga mulut.
 

Gejala GERD mirip maag sehingga banyak orang terkecoh seolah penyakit maag. Memang sama-sama akibat peningkatan asam lambung, tetapi lokasinya berbeda. kalau maag gangguannya di lambung sedangkan GERD di kerongkongan. Faktor yang mempengaruhi resiko terserang GERD seperti merokok, kopi, stress, tidur terlentang terutama setelah makan langsung tidur, alkohol, dan obesitas.
 

Sobat dokterkecil.com, untuk mengetahui secara pasti kita menderita GERD atau mungkin saja hanya maag dengan melakukan pemeriksaan endoskopi dengan menggunakan teleskop di saluran pencernaan bagian atas.
 

Nah, agar terhindar dari penyakit GERD mulai dengan merubah gaya hidup yang lebih sehat.

 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
GERD bukanlah Maag