24/01/2014 15:26:02

Yuk, Atasi Wasir Sejak Dini

Wasir atau ambeien adalah bentuk dari pelebaran vena hemoroidalis atau pembuluh darah yang ada di sekitar anus membengkak. Biasanya wasir timbul karena diet dan pola makan serta kebiasaan yang tidak benar. Kurang air, buah dan sayuran membuat tubuh kurang serat, sehingga saat BAB feses menjadi keras dan sulit dikeluarkan.

 

Biasanya wasir terjadi pada anak-anak atau orang dewasa, wasir terjadi di bagian dalam saluran anus, jika terjadi di atas lapisan tersebut, maka disebut wasir internal. Jika, di sisi lain, peradangan pada pembuluh darah dimulai dari bagian bawah lapisan, itu adalah wasir eksternal. 
 

Selain itu, kebiasaan menunda buang air besar terkadang membuat muatan usus besar bertambah sehingga butuh kekuatan besar untuk mengeluarkannya. Bayangkan bila hal ini terjadi terus menerus sepanjang hari dan sepanjang tahun. Anus akan memperkuat dirinya dengan melebarkan pembuluh darah disekitarnya, makin lama makin besar.
 

Gejala yang timbul bila wasir sudah besar adalah panas, nyeri dan berdarah. Darah yang keluar dari wasir biasanya berwarna merah terang. Jika mengalami gejala tersebut, segera periksakan diri kepada dokter untuk memastikan seberapa berat wasir yang diderita. Kompres dingin atau kompres hangat dapat juga membantu nyeri dan bengkak yang timbul. Dokter mungkin akan meresepkan obat analgetik yang dimasukkan ke dalam anus untuk mengurangi nyeri bila sangat diperlukan.
 

Nah sobat dokterkecil.com, agar kita terhindar dari wasir banyak konsumsi air, buah dan sayur yang memiliki serat tinggi ya…

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Yuk, Atasi Wasir Sejak Dini