24/01/2014 15:26:02

Anak Kejang Lebih 15 Menit Akibatkan Gangguan Mental

Siapa yang tidak khawatir jika anak tiba-tiba kejang, tanpa maupun disertai dengan demam. Melihat seluruh atau sebagian badan anak kaku, mata mendelik, mulut berbusa, lidah tergigit sampai hilang kesadaran, tentu membuat hati cemas.Saking tegangnya, kadang mengakibatkan si kecil sulit bernapas dan badan jadi biru.
 

Step atau kejang adalah kejang demam yaitu suatu reaksi kejang yang terjadi pada anak-anak yang disebabkan oleh suhu tubuh yang sangat tinggi. Meski kejang demam jarang menyebabkan kematian, namun kejang pada anak perlu diwaspadai karena kejang yang lama lebih dari 15 menit dapat menyebabkan kerusakan saraf otak sehingga menjadi epilepsi, kelumpuhan, bahkan retardasi mental.
 

Tiap penyakit atau kelainan yang mengganggu fungsi otak dapat menyebabkan timbulnya bangkitan kejang. Contohnya, trauma lahir, trauma kepala, radang otak, tumor otak, perdarahan otak, gangguan peredaran darah, gangguan metabolisme, gangguan elektrolit, alergi, keracunan obat/zat kimia, faktor keturunan, serta cacat bawaan.
 

Kriteria kejang demam sederhana, antara lain, umur penderita berkisar empat bulan sampai empat tahun, kejang tidak lebih dari 15 menit, kejang timbul dalam 16 jam pertama demam, frekuensi kurang dari empat kali dalam setahun, serta neurologis normal sebelum atau setelah kejang.
 

Jika anak mengalami kejang, sobat dokterkecil.com harus bisa berikap tenang dan tidak panic, beri minum air putih yang banyak, dan obat penurun panas, jika dalam lima menit keadaan anak tidak membaik segera bawa ke dokter.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Anak Kejang Lebih 15 Menit Akibatkan Gangguan Mental