24/01/2014 15:26:02

Tidak Semua Minuman Baik Disajikan dalam Keadaan Panas

Saat udara dingin, minuman panas sangat cocok untuk dinikmati. Namun, tidak semua minuman baik disajikan panas. Beberapa kandungan gizi dalam minuman akan hilang jika diseduh dengan air panas. Cara penyajian minuman yang tepat adalah dengan air yang bersuhu hangat, normal, atau dingin.

 

Berdasarkan penelitian, minuman yang diseduh dengan air panas akan merusak zat gizi tertentu. Berikut minuman yang akan kehilangan gizinya bila disajikan panas, antara lain:

 

Teh hijau
Kandungan antioksidan dalam the hijau bisa rusak saat diseduh dengan air yang bersuhu tinggi. Kebanyakan orang memiliki kebiasaan menyeduh teh dengan air mendidih. Padahal, penyajian teh yang tepat adalah dengan menyeduh teh dalam air yang suhunya tidak lebih dari 70° Celcius.

 

Susu
Kandungan protein tertentu yang terdapat dalam susu akan rusak bila diseduh dengan air panas. Oetoro menjelaskan bahwa pada suhu lebih dari 80° Celcius, protein dalam susu akan mengalami denaturasi. Karena itu, akan lebih baik bila susu diseduh dengan air hangat.

 

Jeruk
Jeruk merupakan sumber vitamin C. Pada dasarnya vitamin C bersifat tidak tahan panas. Itulah alasan mengapa minuman yang berasal dari jeruk tidak baik bila diseduh dengan air panas. Untuk mendapatkan manfaat dari minuman jeruk sebaiknya sajikan dengan suhu ruang agar kandungan vitaminnya tidak rusak.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Tidak Semua Minuman Baik Disajikan dalam Keadaan Panas