24/01/2014 15:26:02

Hah, Vegetarian Bisa Kurang Gizi?

Pola makan vegetarian memang menyehatkan, namun bagaimana jika pola makan ini diterapkan pada anak. Saat masa pertumbuhan, banyak nutrisi yang dibutuhkan, makanan sehatpun harus selalu diberikan. Namun, vegetarian bisa menyebabkan kurang gizi, bahkan jatuh sakit.

 

Sebagai vegetarian perlu memperhatikan juga apa yang dikonsumsi karena untuk menjaga keseimbangan. Kurangnya perencanaan pola makan vegetarian menyebabkan banyak yang justru kekurangan nutrisi, alasan banyak orang meninggalkan konsumsi daging, susu dan produk turunannya untuk mengurangi berat badan.

 

Menurut penelitian dari New Yorks Columbia University menjelaskan bahwa pola makan yang tidak seimbang menyebabkan orang yang vegetarian kekurangan gizi, seperti vitamin B12, omega-3, zat besi, zinc, kalsium, dan vitamin D, yang seluruhnya penting untuk fungsi tubuh, sumber energi, dan juga keseimbangan mood.

 

Kendati kedelai, kacang polong, atau biji-bijian bisa menggantikan protein hewani, tetapi tetap saja banyak vegetarian yang kurang gizi.

 

Perlu disadari bahwa mengubah pola makan secara ekstrem membutuhkan penyesuaian mental. Seluruh pola makan yang mengharuskan Anda menjauhi satu kelompok makanan akan memicu rasa craving atau keinginan kuat untuk makan.

 

Sobat dokterkecil.com, tidak ada yang salah dengan menjadi vegetarian, tetapi sebelum memutuskan mengubah total pola makan, ada baiknya berkonsultasi pada ahli gizi untuk meminta saran pentingnya mencari pengganti sumber gizi dari makanan lain.

 

 

Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Hah, Vegetarian Bisa Kurang Gizi?