24/01/2014 15:26:02

Sarapan Donat Bikin Ngantuk

Pernahkah sobat dokterkecil.com merasa ngantuk setelah makan? Bisa jadi itu dikarenakan salah mengonsumsi makanan. Pada dasarnya makanan berfungsi sebagai sumber energi, namun beberapa di antaranya justru bisa menyerap energi dan membuat kita mengantuk.

 

Berikut makanan yang bisa membuat mengantuk:

 

Makanan Berlemak

Teorinya sederhana, lemak lebih susah dicerna. Organ pencernaan membutuhkan waktu 6 hingga 8 jam untuk mencernanya, oleh karena itu jika tubuh tidak punya persediaan energi yang lain kita akan merasa lemas dan mengantuk. Makanan berlemak juga diketahui bisa menyebabkan kemampuan mengingat berkurang.

 

Minuman Berenergi

Minuman khusus seperti ini biasanya mangandung gula tinggi dan juga kafein. Beberapa lama setelah minum, gula darah kembali turun dan menyebabkan kehausan dan tenaga kosong. Lebih baik konsumsi air putih jika lain kali kehausan daripada minum minuman penambah energi tapi jadi malas dan mengantuk.

 

Sarapan dengan Makanan Manis

Gula dan karbohidrat sederhana mungkin bisa meningkatkan energi, tapi bisa menurunkannya juga dengan cepat. Penurunan gula dalam darah yang terlalu drastis mengakibatkan tubuh lemas dan sering menguap guna mendapatkan oksigen lebih banyak untuk pembakaran energi. Hindari makanan manis seperti donat atau kue-kue manis lainnya karena bisa menurunkan produksi zat kimia dalam otak yang berfungsi membuatnya tetap bekerja.

 

Makanan Rendah Zat Besi

Sobat dokterkecil.com akan merasa lelah jika kekurangan zat besi karena zat tersebut merupak zat pembangun energi dan kalori. Seperti daging merah tinggi zat besi tapi lebih banyak kolesterol. Labu juga diketahui mengandung zat besi tinggi yang bisa dimakan sebagai camilan di sore hari.

 

 

Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Sarapan Donat Bikin Ngantuk