24/01/2014 15:26:01

Puasa Menyembuhkan Tubuh

Sobat dokterkecil.com, bagi umat Muslim, berpuasa di bulan Ramadhan itu wajib. Tapi di balik itu, tahukah kamu, apa manfaat puasa itu bagi tubuh kita?

 

Pada awal puasa tubuh akan mengeluarkan sejumlah besar racun melalui aliran darah, pori dan organ pembuangan lain. Ditandai dengang menebalnya lapisan lidah dan nafas yang biasanya lebih berbau pada hari-hari pertama.

 

Hari-hari selanjutnya terjadi proses penyempuranaan pembersihan tubuh. Lemak tubuh yang tidak bermanfaat, racun yang terakumulasi dalam sel tubuh akan dikeluarkan. Sel yang sakit, sel-sel mati, lapisan lendir menebal di dinding usus, limbah aliran darah dikeluarkan lewat hati, limpa, dan ginjal.

 

Tubuh akan menggunakan mineral penting dan vitamin untuk membuang racun dan jaringan tua. Saat beban racun tubuh berkurang, efisiensi setiap sel ditingkatkan. Sehingga mempercepat proses penyembuhan dan sekaligus menghemat energi.

 

Puasa dapat mencegah penyakit yang timbul karena pola makan yang berlebihan. Makanan yang berlebihan gizi belum tentu baik untuk kesehatan seseorang. Kelebihan gizi atau overnutrisi mengakibatkan kegemukan yang dapat menimbulkan penyakit degeneratif seperti kolesterol dan trigliserida tinggi, jantung koroner, kencing manis, dan lain-lain.

 

Nah sobat dokterkecil.com, sudah tahu khan pentingnya puasa bagi kesehatan tubuh. Jangan lupa, anjuran sahur bukan semata-mata untuk mendapatkan tenaga yang prima selama menunaikan ibadah puasa, melainkan juga mengandung makna bahwa puasa perlu persiapan agar selama berpuasa produktivitas kerja dan aktivitas sehari-hari tidak terganggu.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Puasa Menyembuhkan Tubuh