24/01/2014 15:26:02

Tindihan Saat Tidur, Mistis atau Medis?

Masyarakat Indonesia yang mengalami kondisi tindihan sebagai anggapan bahwa terjadi karena ulah mahluk halus yang menindih tubuh kita. Anggapan itu ada karena orang yang mengalami tindihan sering melihat bayangan hitam.

 

Menurut kesehatan, keadaan ketika orang akan tidur atau bangun tidur kemudian merasa sesak napas seperti dicekik, dada sesak, badan sulit bergerak dan sulit berteriak disebut sleep paralysis alias tidur lumpuh karena tubuh tak bisa bergerak dan serasa lumpuh. Hampir setiap orang pernah mengalaminya. Setidaknya sekali atau dua kali dalam hidupnya. Tindihan bisa terjadi pada lelaki atau perempuan.

 

Usia rata-rata orang pertama kali mengalami gangguan tidur ini adalah 14-17 tahun. Sleep paralysis berlangsung dalam hitungan detik, hingga menit. Yang menarik, saat tindihan terjadi, kita sering mengalami halusinasi, seperti melihat sosok atau bayangan hitam di sekitar tempat tidur. Tak heran, fenomena ini pun sering dikaitkan dengan hal mistis.

 

Saat kondisi tubuh terlalu lelah atau kurang tidur, gelombang otak tidak mengikuti tahapan tidur yang seharusnya. Jadi, dari keadaan sadar atau saat hendak tidur ke tahap tidur paling ringan, lalu langsung melompat ke mimpi. Ketika otak mendadak terbangun, tapi tubuh belum bangun, di sinilah sleep paralysis terjadi. Kita merasa sangat sadar, tapi tubuh tak bisa bergerak. Ditambah lagi adanya halusinasi muncul sosok lain yang sebenarnya ini merupakan ciri khas dari mimpi.

 

Sobat dokterkecil.com, meski biasa terjadi, gangguan tidur ini patut diwaspadai karena sleep paralysis bisa juga merupakan pertanda serangan tidur mendadak tanpa tanda-tanda mengantuk, mendengkur, kecemasan, atau depresi. Tindihan umumnya terjadi pada orang yang tidur dalam posisi telentang atau wajah menghadap ke atas dan hampir nyenyak atau dalam keadaan hampir terjaga dari tidur. Itu sebabnya, kita perlu sering mengubah posisi tidur untuk mengurangi risiko terserang gangguan tidur ini.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Tindihan Saat Tidur, Mistis atau Medis?