24/01/2014 15:26:02

Bintik Putih pada Kuku Berbahayakah?

Pernah dengar mitos seputar bintik putih yang terdapat pada kuku, bahwa bintik putih pada kuku tangan sebelah kiri menandakan jumlah orang yang benci dengan kita. Sementara pada kuku tangan kanan menunjukkan jumlah orang yang menyukai.

 

Sobat dokterkecil.com, pasti sudah tahu bahwa semua  itu hanyalah mitos belaka. Namun, tahukah kamu apa sebenarnya bintik putih pada kuku itu?

 

Bintik putih pada kuku disebut dengan leukonikia yang biasanya muncul akibat adanya trauma yang tidak berbahaya, yaitu kumpulan sel di bawah lapisan kutikula yang berfungsi membentuk lapisan kuku.

 

Leukonikia bisa disebabkan akibat benturan dengan benda keras tanpa disengaja. Menurut penelitian, bintik putih pada kuku tidak perlu dikhawatirkan karena hal ini wajar dialami orang-orang. Namun, bintik putih yang disertai rambut kering dan rapuh juga bisa diakibatkan kekurangan kalsium dan zinc.

 

Sobat dokterkecil.com, bintik putih bisa muncul akibat reaksi alergi terhadap produk yang dipakai pada kuku, misalnya cat kuku. Selai itu, bintik putih pada kuku menandakan adanya penyakit serius. Penyakit menular seperti herpes dan malaria juga dapat memicu timbulnya bintik putih.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Bintik Putih pada Kuku Berbahayakah?