24/01/2014 15:26:02

Kesemutan? Bisa Jadi Sakit Jantung

Kebanyakan orang pernah mengalami kesemutan kala duduk bersila terlalu lama atau tertidur dengan tangan tertindih kepala. Jangan sepelekan gejala yang satu ini karena kesemutan dapat menjadi indikasi dari banyak penyakit, seperti diabetes melitus, hipertensi, saraf terjepit, gangguan aliran darah pada pembuluh darah tepi, maupun gangguan darah.

 

Parestesia atau kesemutan adalah suatu gejala dan bukan diagnosis penyakit. Itu sebabnya gejala parestesia bisa dijumpai pada berbagai penyakit yang mengenai saraf. Kesemutan terjadi karena terhambatnya aliran darah ke daerah saraf tertentu akibat penekanan yang terus-menerus dalam waktu lama.

 

Beberapa penyakit yang ditandai oleh gejala kesemutan antara lain diabetes, stroke, penyakit jantung, infeksi tulang belakang dan rematik. Gejala penyakit jantung, terdapat bekuan darah yang terbawa aliran darah menuju otak dan si penderita akan merasakan kesemutan.

 

Sobat dokterkecil.com, posisi tubuh tertentu yang tidak berubah dalam waktu cukup lama, seperti duduk bersila, bisa timbul rasa kesemutan. Untuk menghindarinya, kita mesti rajin mengubah posisi dan melakukan gerakan ringan secara periodik agar aliran darah tetap lancar.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Kesemutan? Bisa Jadi Sakit Jantung