24/01/2014 15:26:02

Golongan Darah AB Rentan Pembekuan Darah

Tahukah Kamu, menurut penelitian mengaitkan adanya hubungan golongan darah AB dengan risiko peningkatan pembekuan darah. Kondisi ini bahkan bisa mengancam nyawa penderitanya.

 

Terlalu lama duduk pasif merupakan salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya pembekuan darah. Duduk berjam-jam di pesawat, istirahat total di tempat tidur setelah operasi besar, dan dehidrasi dapat mengakibatkan darah membeku.

 

Pembekuan darah bisa menyebabkan seseorang menjadi sulit bernapas, mengalami rasa sakit yang tak tertahankan, bahkan bisa mengakibatkan kematian bila pasokan darah terganggu. Menurut penelitian, seseorang yang memiliki golongan darah AB berisiko 4 persen lebih besar mengalami bekuan darah ketimbang orang yang bergolongan darah O.

 

Golongan darah AB merupakan golongan darah yang memiliki faktor A dan B di sel darah merah yang mengakibatkan makin tingginya kadar level darah dapat memicu bekuan darah.

 

Sobat dokterkecil.com, tidak semua orang dengan golongan darah AB akan mengalami bekuan darah. Untuk pencegahan, lakukan peregangan pada otot-otot kaki secara teratur bila berada dalam perjalanan yang lama serta pastikan cukup mengonsumsi air.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Golongan Darah AB Rentan Pembekuan Darah