24/01/2014 15:26:01

Nikmatnya Pempek Palembang

Makanan yang kenyal dan gurih asal Palembang, siapa yang tahu?? Iya benar, namanya pempek atau empek-empek. Kalau ngomongin makanan pasti cepet jawabnya.

 

Pempek adalah makanan khas pPalembang yang terbuat dari ikan dan sagu. Penyajian pempek ditemani saus berwarna kecolkata-coklatan yang disebut cuka. Cukanya terbuat dari air yang dididihkan, kemudian ditambah gula merah, udang ebi, dan cabe rawit tumbuk, bawang putih, dan garam.

 

Ternyata, cuka dapat melindungi gigi dari keropos lhoo.. karena dalam satu liter larutan kuah pempek biasanya terdapat 9-13 pp flour yang fungsinya untuk memperkuat gigi. Pelengkap dalam menyantap pempek adalah irisan dadu timun segar dan mie kuning.

 

Jenis pempek yang terkenal adalah pempek kapal selam, yaitu telur ayam yang dibungkus dengan adonaan pempek dan digorang dalam minyak panas. Ada juga yang lain seperti pempek lenjer, pempek bulat atau pempek ada’an, pempek kulit ikan, pempek pistel, pempek telur kecil, dan pempek keriting.

 

Sobat dokterkecil.com, walaupun pempek makanan khas Palembang, tapi di kota-kota lain seperti Jakarta juga banyak yang jualan lho..

 

Wah jadi pengen makan pempek nih, ayo sobat dokterkecil siapa yang mauu...

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Nikmatnya Pempek Palembang