24/01/2014 15:26:01

Kelahiran Bayi Prematur, 15juta Tiap Tahun

Setiap orangtua tentu mengidamkan bayi mereka lahir normal dan sehat, namun karena kondisi yang tidak memungkinkan orangtua melahirkan bayi prematur yaitu lahir sebelum waktunya.

 

Bayi prematur adalah bayi yang terlahir ke dunia lebih cepat dari bayi-bayi lain pada umumnya. Jika bayi normal lahir pada usia kehamilan 38-42 minggu, maka pada bayi prematur kelahiran terjadi di usia kehamilan kurang dari 37 minggu. Kalau bayi normal terlahir dengan berat badan antara 2,5 kg - 3 kg, maka bayi prematur bisa terlahir dengan berat 0,5 kg - 2 kg.

 

Berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, sekitar 15 juta bayi lahir prematur di dunia setiap tahunnya dan lebih dari satu juta bayi prematur meninggal sesaat setelah lahir. Indonesia menduduki peringkat ke-5 jumlah bayi prematur terbanyak di dunia dengan jumlah 675.700. Peringkat pertama kelahiran bayi prematur terbesar di India mencapai 3.519.100, diikuti China 1.172.300, Nigeria 773.600, dan Pakistan 748.100. Jumlah kelahiran prematur menjadi penyebab kedua kematian anak di dunia.

 

Penyebab kenaikan jumlah kelahiran prematur karena usia ibu hamil yang cukup tua saat melahirkan, peningkatan penggunaan obat kesuburan, induksi medis yang tidak perlu, dan kelahiran operasi caesar sebelum waktunya. Sedangkan di banyak negara berkembang penyebab utama kelahiran prematur antara lain karena infeksi, malaria, HIV, dan tingginya tingkat kehamilan remaja. 

 

Sobat dokterkecil.com, bayi prematur dapat bertahan hidup dan perawatannya harus maksimal. Perawatan bayi yang terlahir prematur berbeda dari pada bayi yang lahir cukup bulan.

 

 

 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Kelahiran Bayi Prematur, 15juta Tiap Tahun