24/01/2014 15:26:01

Apakah Kanker Paru-Paru itu?

Sobat Dokterkecil.com, mungkin masih ingat dengan penyakit kanker. Ada banyak jenis penyakit kanker, sebagian besar kanker diberi nama untuk organ atau jenis sel di mana mereka tumbuh seperti kanker paru-paru. 

Yuk, kita cari tahu apa itu kanker paru-paru. 

Kanker paru-paru berasal dari sel-sel di dalam paru-paru, tetapi kanker bisa juga berasal dari kanker di bagian tubuh lainnya yang menyebar ke paru-paru. Kanker paru-paru merupakan kanker yang paling sering terjadi, baik pada pria maupun wanita, tidak jarang anak-anak bahkan bayi juga dapat terjangkit penyakit ini dan kita harus waspada. 

Salah satu penyebab kanker paru-paru adalah rokok, semakin banyak rokok yang dihisap, semakin besar resiko untuk menderita kanker paru-paru. Orang tua perokok, dapat menimbulkan potensi kanker paru pada anak melalui asap rokok, ibu hamil yang merokok juga membahayakan janin dalam kandungan. Selain itu zat kimia yang dihirup di tempat kerja seperti radiasi, arsen, kromat, nikel, asbes, gas mustard. 

Gejala yang umum ditemui penderita kanker paru seperti: Batuk terus menerus, dahak berdarah, nafas sesak, sakit kepala, kelelahan kronis, menurunnya berat badan, suara serak atau parau, pembengkakan di wajah atau leher. 

Kebanyakan kanker dapat dirawat dan banyak disembuhkan, terutama bila perawatan dimulai sejak awal. Banyak bentuk kanker berhubungan dengan faktor lingkungan yang sebenarnya bisa dihindari dan juga tetap menjalankan pola hidup dan makan makanan sehat kanker dapat dicegah. 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Apakah Kanker Paru-Paru itu?