24/01/2014 15:26:01

Lupus Penyakit Berbahaya

Penyakit lupus merupakan penyakit yang mematikan sama seperti penyakit kanker. Sebagian besar penderitanya perempuan usia remaja.

 

Kalau diartikan kata lupus sendiri dalam bahasa Latin berarti “anjing hutan”. Kenapa disebut “anjing hutan” karena penderita penyakit lupus dikira mempunyai kelainan kulit, berupa kemerahan di sekitar hidung dan pipi. Uniknya, penyakit Lupus merupakan antibody atau kekebalan tubuh yang terbentuk dalam tubuh muncul berlebihan. Hasilnya, antibodi justru menyerang sel-sel jaringan organ tubuh yang sehat.

 

Sobat dokterkecil.com, tubuh kita memiliki kekebalan untuk menyerang penyakit dan menjaga tetap sehat. Namun, penyakit lupus kekebalan tubuh justru menyerang organ tubuh yang sehat.Dalam tubuh seseorang terdapat antibodi yang berfungsi menyerang sumber penyakit yang akan masuk dalam tubuh.

 

Berdasarkan data Kementrian Kesehatan tahun 2011, jumlah penderita lupus di Indonesia mencapai 1,5 juta orang. Penyakit  lupus dapat menyerang siapa saja, 1 dari 5 orang di antara 100.000 penduduk. Penyakit lupus dapat diturunkan, wanita lebih sering 6-10 kali daripada pria, terutama pada usia 15-40 tahun.

 

Gejala penyakit lupus seperti bercak-bercak merah di bagian wajah dan lengan, panas dan rasa lelah berkepanjangan, rambutnya rontok, persendian kerap bengkak dan timbul sariawan. Penyakit lupus tidak hanya menyerang kulit, tetapi juga dapat menyerang hampir seluruh organ yang ada di dalam tubuh.

 

Sobat dokterkecil.com, untuk mencegah penyakit lupus dengan cara menghindari stress dan menerapkan pola hidup sehat, mengurangi kontak langsung berlebihan dengan sinar matahari, dan jangan lupa selalu olahraga secara teratur.

 

Redaksi: redaksi@dokterkecil.com
Informasi Pemasangan Iklan: iklan@dokterkecil.com
Lupus Penyakit Berbahaya