17/09/2018 18:41:52
Info Kesehatan

4 Jenis Olahrga untuk Sirkulasi Darah

Hari ini, tepat tanggal 17 September 2018, Indonesia memperingati Hari Palang Merah Nasional, jika mendengar kata Palang Merah, pasti yang terfikir pertama kali adalah donor darah. Sobat dokcil pasti sudah tau kan kalua darah dalam tubuh itu memiliki peran yang sangat penting dalam hal kesehatan, untuk itu kelancaran sirkulasinya harus dijaga agar terus optimal. Apabila sirkulasi darah tidak optimal, maka kinerja dari organ-organ lain dalam tubuh bisa jadi akan rusak dan terganggu.

Dikutip dari Times of India, sangat dibutuhkan beragam jenis olahraga yang dapat mengoptimalkan sirkulasi darah tubuh Anda. Lantas, apa sajakah olahraga tersebut? Berikut informasinya.


1. Jalan

Jalan santai, adalah olahraga yang sangat mudah dan murah untuk dilakukan. Walau mudah dan murah, olahraga ini memiliki khasiat baik untuk kesehatan. Salah satu manfaat dari berjalan santai, ialah lancarnya sirkulasi darah yang memerbaiki segala kinerja organ vital seperti jantung, paru-paru, serta melancarkan proses metabolisme. Tak memakan waktu lama, berjalan santai dalam waktu 30 menit saja, khasiatnya sudah bisa dirasakan.

2. Renang
Selain baik untuk melancarkan sistem pernapasan, olahraga yang satu ini juga baik untuk melancarkan sirkulasi darah. Selain itu, olahraga renang, juga cocok untuk kamu yang enggan berkeringat saat berolahraga. Manfaat dari berenang, juga bisa mengencangkan otot tubuh dan mencegah dari serangan stroke.

3. Senam aerobic
Salah satu kunci dari lancarnya sirkulasi darah dalam tubuh adalah dengan banyak bergerak. Semakin banyak kamu melakukan aktivitas tubuh, maka akan semakin mudah darah tersirkulasi. Senam aerobic, adalah salah satu aktivitas fisik yang bisa membantu lancarnya sirkulasi darah.


4. Bersepeda
Yang satu ini, juga bisa kamu lakukan jika ingin sirkulasi darah semakin lancar dan optimal. Selain itu, bersepeda juga bisa melatih otot daerah paha dan kaki, yang akan semakin membuat bentuknya indah dan kencang. Lakukanlah olahraga ini di kala pagi atau sore hari, ketika sinar matahari baik memancar, agar tubuh mendapatkan bonus vitamin D, yang dapat memberi khasiat untuk tulang dan kulit.

 

Menjaga kesehatan tubuh tidak sesulit yang dibayangkan bukan?

 


Dikutip dari berbagai sumber. 

Redaksi: redaksi@dokterkecil.com
Informasi Pemasangan Iklan: iklan@dokterkecil.com
Info Kesehatan: 4 Jenis Olahrga untuk Sirkulasi Darah