10/01/2019 14:17:44
Info Kesehatan

Mudah Lelah? Awas Gejala Anemia

Foto: Google.com

Jika tubuh tiba-tiba dirasa sangat lelah padahal kamu sudah mendapatkan cukup istirahat, sebaiknya berhati-hatilah. Terlebih jika kondisi ini sering berulang, maka ada baiknya kamu segera memeriksakan diri ke dokter. Bisa jadi, kamu terkena gejala anemia atau kurang darah.

Anemia adalah sebuah kondisi ketika tubuh tidak memiliki sel darah merah (hemoglobin) yang cukup untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Sel darah merah mengandung hemoglobin yang berfungsi untuk mengikat dan membawa oksigen dari paru-paru dan mengantarkannya ke seluruh jaringan tubuh. Ketika sel darah terlalu rendah, atau kadar hemoglobin di bawah normal, sel-sel tubuh tidak akan mendapatkan oksigen yang cukup untuk menjalankan fungsinya secara normal.

Terdapat banyak jenis anemia, tentu dengan penyebabnya masing-masing. Kehilangan darah (akibat luka, dsb.), kekurangan zat besi, dan kekurangan vitamin B-12 adalah beberapa penyebab anemia yang paling umum. Selain itu anemia juga sering menjadi gejala atau pertanda penyakit lain yang lebih serius. Anemia bisa bersifat sementara (jangka pendek) ataupun jangka panjang, dan juga dengan rentang yang ringan hingga parah.

Gejala anemia atau kurang darah bisa bervariasi, bergantung dengan penyebab utamanya. Berikut adalah gejala-gejala kurang darah yang umum ditemui:

·         Mudah lelah dan kehilangan energi

·         Kulit pucat

·         Detak jantung yang cepat dan tidak teratur

·         Napas sesak, khususnya ketika berolahraga

·         Gangguan kognitif (sulit berkonsentrasi, dll.)

·         Nyeri pada dada

·         Kaki dan/atau tangan terasa dingin dan sering kram

·         Pusing, kepala pening, dan penglihatan menjadi berkunang-kunang

·         Sakit kepala

Anemia bisa diatasi dan dicegah dengan banyak cara yang alami, tergantu dari penyebabnya. Meningkatkan asupan zat besi, vitamin C, vitamin B12, dan asam folat dari dari makanan ataupun suplemen multivitamin adalah yang efektif untuk mengatasinya, khususnya pada anemia sementara/ringan. Baca juga: Makanan untuk Menambah Sel Darah Merah.

Jika anemia bersifat parah, segera kunjungi dokter untuk diagnosa lebih lanjut, karena bisa jadi kondisi anemia tersebut merupakan gejala dari penyakit lain yang lebih serius. (*)


*dikutip dari berbagai sumber

 

Redaksi: redaksi@dokterkecil.com
Informasi Pemasangan Iklan: iklan@dokterkecil.com
Info Kesehatan: Mudah Lelah? Awas Gejala Anemia