24/01/2014 15:26:02

Eits, Jangan Sembarang Membersihkan Telinga!

Telinga berfungsi sebagai alat pendengaran dan keseimbangan. Agar kedua fungsi tersebut berjalan, telinga harus dijaga. Sayang, banyak orang yang kadung salah dalam hal menjaga kebersihan telinga.

 

Telinga terdiri dari telinga luar, tengah dan dalam. Ketiga bagian ini bekerjasama menangkap gelombang suara dan menjadikannya bunyi yang nyata. Awalnya, gelombang suara diterima oleh telinga luar. Telinga luar sendiri terdiri dari daun dan liang telinga.

 

Bentuk telinga dirancang untuk mengantisipasi masuknya kotoran. Liang telinga yang bersudut membuat kotoran, seperti debu atau serangga, sulit menembus bagian yang lebih dalam. Orang sering salah kaprah menyangka tai telinga sebagai kotoran. Padahal, fungsinya sangat penting untuk membersihkan kotoran yang masuk. Kotoran yang masuk akan kering dan keluar sendiri.

 

Mengorek telinga bisa mengakibatkan perbenturan sebab telinga kita bentuknya bersudut. Perbenturan ini akan mengakibatkan pembengkakan atau perdarahan. Pengorekan yang terlalu keras atau dalam juga bisa mengakibatkan trauma, ditambah dinding telinga kita mudah berdarah.

 

Sobat dokterkecil.com,  tai telingga tidak usah dibuang, kecuali jika mengumpal dan menyumbat liang telinga sehingga menghalangi masuknya gelombang suara ke telinga dalam. Saat mengorek telinga hingga batuk-batuk , disebabkan reflex saraf pagus yang terdapat pada dinding telinga.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Eits, Jangan Sembarang Membersihkan Telinga!